KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Basarnas Bantu Kurangi Genangan Banjir di Surabaya


Surabaya – Basarnas Kantor SAR Surabaya mengerahkan tim rescuer untuk membantu warga yang wilayah tempat tinggalnya terdampak banjir di jalan Karangan Jaya, Wiyung, kota Surabaya, pada Senin (8/2). Banjir yang menggenangi wilayah tersebut dan sejumlah titik di Surabaya disebabkan karena cukup tingginya intensitas hujan yang turun sejak Minggu (7/2). {READMORE}

Kepala Kantor SAR Surabaya, Mochamad Arifin, S.A.N. mengatakan bahwa satu tim rescuer beranggotakan delapan orang dikerahkan ke lokasi banjir untuk membantu Satuan Kerja (Satker) Pemkot Surabaya, seperti Bakesbang Linmas, Tagana, Dinas PU dan PMK, dalam mengurangi debit air di wilayah Wiyung.

“Untuk membantu tugasnya, tim rescuer Kantor SAR Surabaya didukung satu unit truk water pump. Truk ini dilengkapi dengan lampu penerangan darurat dan sejumlah peralatan pemompa air, seperti mesin pompa bertenaga besar dan selang berdiameter besar, yang mampu memompa air dengan cepat,” kata Arifin.  

Proses penanganan banjir ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Banjir yang menggenangi wilayah permukiman warga disedot dengan mesin pompa, kemudian dialirkan ke sungai terdekat. Genangan air yang semula setinggi sekitar 90 centimeter bisa surut, sehingga warga dapat berangsur-angsur melakukan aktivitas seperti biasa.

Menurut keterangan warga sekitar, banjir mulai menggenangi wilayah tempat tinggal mereka sekitar pukul 03.00 WIB. Selain dari hujan, banjir juga berasal dari luapan sungai Wiyung yang lokasinya tidak jauh dari permukiman warga. Awalnya air hanya menggenangi jalan kampong, tapi semakin lama air merendam rumah-rumah warga. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
9 February 15:31 WIB