KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Tim SAR Berhasil Mengevakuasi Ardi dari Timbunan Longsor


Banyuwangi – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi Ardi (13) seorang yang tertimbun material tanah longsor yang terjadi di dusun Sadan RT 02 RW 02 desa Pekel, kecamatan Licin, kabupaten Banyuwangi, pada Kamis (17/6) pukul 10.35 WIB.

Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setia Budi mengatakan, korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal. Proses evakuasi korban dilakukan dengan hati-hati agar jenazah korban tetap utuh.

Setelah berhasil dievakuasi, lanjut Wahyu, selanjutnya tim SAR gabungan membawa jenazah Ardi ke rumah duka dan menyerahkannya kepada pihak keluarga untuk kemudian dimakamkan.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan mengerahkan 3 SRU (Search and Rescue Unit) untuk melakukan pencarian korban dengan menggunakan sejumlah peralatan, seperti cangkul, sekop dan mesin Alkon.

Adapun kesulitan yang dihadapi tim SAR gabungan saat melakukan upaya pencarian, yaitu kondisi tanah di sekitar area pencarian yang labil, material longsoran yang cukup pekat, dan excavator yang tidak dapat memasuki lokasi.

Selain tim operasi Kantor SAR Surabaya, upaya pencarian hingga evakuasi korban ini juga melibatkan peran dari BPBD kabupaten Banyuwangi, Polsek Licin, Koramil Licin, Mapala Banyuwangi, RAPI, BSI dan potensi SAR lainnya.

Bencana tanah longsor di desa Pekel ini sendiri terjadi pada Rabu (16/6) sekitar pukul 04.00 WIB. Akibatnya, 2 unit rumah dan 5 orang tertimbun. 4 orang diantaranya berhasil ditemukan dalam kon-disi meninggal oleh warga yang melakukan pencarian. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Bencana .
Pengunggah : surabaya
17 June 17:30 WIB