KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Ayah dan Anak Tersapu Ombak Pantai Pudak Ditemukan Meninggal Dunia


Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya memberangkatkan 1 tim rescue Pos SAR Trenggalek untuk upaya pencarian 2 korban yang jatuh dari tebing di Pantai Pudak Ngadipuro Wonotirto Blitar pada Jumat (24/06). Kedua korban yang merupakan Ayah dan anak dilaporkan jatuh terhantam ombak saat memancing pada sore menjelang malam hari. 

Setelah berkoordinasi dengan tim SAR gabungan, tim rescue Pos SAR Trenggalek yang dikomandoi oleh Yoni Fariza melakukan pencarian dengan membagi tim menjadi 3 Search and Rescue Unit (SRU). SRU 1 melakukan pencarian di laut dengan menggunakan perahu nelayan dengan luas area pencarian kurang lebih 2.5 NM. SRU 2 dan SRU 3 merupakan SRU darat yang melakukan penyisiran diantara karang tebing serta menyebarkan kabar hlangnya kedua korban dengan harapan warga sekitar yang menemukan korban dapat melaporkan kepada petugas SAR gabungan.

Pada hari kedua pencarian, Sabtu (25/06), tim SAR gabungan menemukan korban pertama berusia 13 tahun dalam keadaan meninggal dunia pada koordinat 8°19'38"S 112°12'10"E. Korban kemudian dievakuasi menuju Puskesmas Panggungrejo untuk diserahkan kepada pihak berwenang sementara pencarian korban kedua atas nama Sumaji (46) terus dilanjutkan. 

Tim SAR gabungan kembali menemukan korban kedua pada pencarian hari keenam yakni Rabu (29/06) dalam keadaan meninggal dunia dengan jarak kurang lebih 8 NM dari lokasi awal kejadian. 

“Sekitar pukul 14.30 WIB tim menemukan jenazah yang terjepit diantara karang tebing lalu melakukan evakuasi dan dibawa ke RSUD Mardi Waluyo kemudian pukul 16.35 dinyatakan bahwa jenazah yang ditemukan merupakan korban yang dicari” jelas Hari Adi Purnomo, Kepala Kantor SAR Surabaya sekaligus SAR Mission Coordinator (SMC) pada operasi SAR ini.

Dengan dietemukannya kedua korban maka operasi SAR ditutup dan tim SAR gabungan kembali kesatuan masing-masing. Adapun tim SAR gabungan yang terlibat dalam operasi pencarian ini antara lain Pos SAR Trenggalek, Polsek Wonotirto, Polsek Panggungrejo, Koramil Wonotirto, BPBD Kab. Blitar, Kamladu Tambakrejo, RESOB Blitar, BASARTA, WANA Rescue, serta nelayan setempat.  
(hms)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
29 June 20:00 WIB