KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Arik Berhasil Dievakuasi dari Jurang Gunung Piramid


Bondowoso – Arik Multazam, seorang pelajar pelajar kelas XII SMAN Tenggarang kelas XII berhasil dievakuasi dari dasar jurang di gunung Piramid, pada Minggu (9/8) sekitar pukul 13.45 WIB.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, Prahista Dyan mengatakan tim SAR gabungan menemukan korban sudah dalam kondisi meninggal di dasar jurang dengan kedalaman sekitar 200 meter, tidak jauh dari lokasi korban terjatuh di sisi kanan jalur Punggung Naga.

Jenazah Arik, lanjut Prahista, selanjutnya dievakuasi dari dasar jurang dengah tehnik lifting menuju ke atas. Lifting adalah tehnik membawa korban dari dasar jurang menuju ke atas terbing secara vertikal.

Adapun peralatan evakuasi yang digunakan tim SAR gabungan, diantaranya peralatan vertical rescue, seperti tali kernmantel, tandu, body hearnest, carabiner, figure of eight, tali webbing, helm safety dan peralatan pendukung lainnya.

Para personel tim SAR gabungan sangat berhati-hati saat mengevakuasi jenazah Arik, baik saat menariknya dari jurang maupun saat membawanya menuju ke Posko, sebab mereka harus melewati jalur punggungan naga yang sempit, serta kondisi di sebelah kanan dan kirinya jurang yang curam.

Setibanya di Posko SAR, jenazah Arik kemudian dibawa kembali oleh petugas ke RSUD Bondowoso guna dilakukan proses lebih lanjut oleh petugas yang berwenang sebelum diserahkan kepada pihak keluarga.

Upaya evakuasi Arik ini berhasil berkat kerjasama yang baik dari sejumlah unsur SAR, diantaranya tim operasi Pos SAR Jember, BPBD kabupaten Bondowoso, Batalyon 514 Raider, Kodim 0822 Bondowoso, Koramil Curahdami, Polsek Curahdami, SAR OPA, SAR Langit, RAPI, TAGANA Bondowoso, BP Pramuka Bondowoso, Biting Rescue, SAR Brimob dan warga sekitar.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa kejadian jatuhnya Arik ini terjadi setelah Ia berswa foto di jalur punggung naga, pada Sabtu (8/8) sekitar pukul 08.00 WIB, seusai turun dari puncak gunung Piramid.

Arik diketahui melakukan aktivitas pendakian di gunung Piramid bersama empat orang temannya sesama pelajar dari Bondowoso, yaitu Ade, Ari, Adi dan Bayu. Empat orang ini bergegas turun ke Pos Perijinan untuk meminta bantuan evakuasi begitu mengetahui Arik terjatuh ke jurang. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
9 August 15:10 WIB