KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Adil Ditemukan Meninggal di Sungai Kedungringin


Banyuwangi – Adil Abdur Rohman (7) seorang anak asal dusun Kranjan Rt 03 RW 13 yang sebelumnya dilaporkan tenggelam di sungai Kedungringin, akhirnya pada Sabtu (1/1) pukul 10.00 WIB ditemukan tim SAR gabungan.

Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setia mengatakan, tim SAR gabungan me-nemukan Adil sudah dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi kejadian.

Selanjutnya setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, jenazah adil dibawa tim SAR gabungan ke rumah dukan dan diserahkan kepada pihak keluarga.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, satu SRU (Search and Rescue Unit) air dikerahkan untuk melakukan penyisiran di sungai Kedungringin dengan menggunakan perahu fiber milik BPBD.

Wayan menambahkan, SRU air memulai penyisiran dari lokasi kejadian hingga sampai di DAM Tojo. Agar perahu bisa bergerak, personel yang ikut harus mendayung.

Tim SAR tidak dapat menurunkan perahu karet sebab terkendala kondisi sungai yang tidak lebar dan cukup dangkal.

Dalam waktu yang bersamaan, dua SRU darat bergerak melakukan pemantauan darat berjalan, dimulai dari lokasi kejadian menuju DAM Tojo dan kemudian dilanjutkan hingga sampai di muara sungai.

Disela pemantauan darat, tim SAR gabungan menyebarkan informasi kejadian yang menimpa korban kepada warga sekitar. Maksudnya, jika ada warga yang melihat posisi korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas SAR gabungan.

Upaya pencarian hingga evakuasi korban juga melibatkan peran dari tim Pos SAR Banyuwangi, BPBD kabupaten Banyuwangi, Polsek Muncar, Koramil Muncar, 851 Rescue, Pos TNI AL Muncar, RAPI, RAPALA Muncar, MAPALA Banyuwangi, warga sekitar dan potensi SAR lainnya.

Selain perahu fiber, tim SAR gabungan juga didukung dengan sejumlah peralatan, diantaranya peralatan water rescue, APD (Alat Pelindung Diri), yaitu helm safety, baju hazmat; peralatan komunikasi, peralatan medis dan sejumlah peralatan lainnya. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
1 January 17:15 WIB