KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


Abu Hasan Ditemukan Meninggal di Sungai Bedadu


Jember – Abu Hasan (45) warga desa Pancakarya RT 03 RW 06, yang sebelumnya dilaporkan tenggelam di sungai Bedadung, pada Kamis (13/8) sekitar pukul 15.15 WIB, ditemukan dalam kondisi meninggal.

Tim SAR gabungan menemukan jenazah korban di lokasi yang berjarak sekitar 2,5 kilometer dari lokasi kejadian tenggelamnya korban, atau tepatnya berada pada koordinat 08° 12' 36" S 113° 38' 06" E.

"Dalam masa pandemi Covid-19 ini, untuk melindungi diri, para personel tim SAR gabungan yang mengevakuasi jenazah korban, menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa baju hazmat, masker dan juga kacamata," kata I Wayan Suyatna, Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya.

Setelah berhasil dievakuasi lokasi penemuan menuju ke Posko SAR, selanjutnya jenazah korban diserahkan kepada pihak keluarga.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan telah mengerahkan sebanyak tiga SRU (Search and Rescue Unit) air untuk mencari keberadaan korban di sungai Bedadung.

SRU air pertama melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian, dengan melakukan menuver perahu karet yang dimaksudkan untuk menciptakan gelombang air sungai yang besar, sehingga posisi korban yang semula diduga berada di dasar sungai dapat terangkat ke permukaan.

SRU air kedua melakukan penyisiran sejauh 3,5 kilometer dengan menggunakan perahu rafting. Penyisiran ini dimulai dari lokasi kejadian tenggelamnya korban menuju ke daerah jembatan Kaliwining, kecamatan Rambipuji.

SRU air ketiga melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu rafting dari daerah jembatan Kaliwining hingga ke daerah DAM Bedadung, yang menempuh jarak sekitar 6,3 kilometer.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga mengerahkan satu tim untuk memantau di beberapa titik di sepanjang aliran sungai Bedadung dan menyebarkan informasi tentang kejadian tenggelamnya korban kepada sejumlah warga yang beraktivitas di sekitar sungai Bedadung.

Penyebarluasan informasi ini dimaksudkan apabila ada warga yang mengetahui keberadaan korban yang sedang dicari, maka diharapkan untuk segera melaporkannya kepada petugas.

Selain tim operasi Pos SAR Jember, sejumlah unsur SAR juga turut terlibat dalam proses pencarian korban, diantaranya dari BPBD kabupaten Jember, Polsek Ajung, Koramil Ajung, SAR OPA, Biting Rescue, SAR Langit, dan potensi SAR lainnya.  (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
13 August 15:15 WIB