KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN SURABAYA


26 Rescuer Kantor SAR Surabaya Ikuti Diklat VAR


Surabaya – Sebanyak 25 orang rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Vehicle Accident Rescue Angkatan III. Diklat Vehicle Accident Rescue ini adalah salah satu pendidikan lanjutan yang harus dilalui para rescuer setelah Diklat Dasar yang pernah mereka ikuti.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Prasetya Budiarto mengatakan, Diklat Vehicle Accident Rescue ini adalah salah satu upaya untuk membekali para rescuer dengan kemampuan teknis lanjutan. Hal ini bertujuan agar para rescuer Kantor SAR Surabaya menjadi tenaga yang terlatih, berkompetensi dan profesional.

Lebih lanjut Prasetya mengatakan, penyelenggaraan Diklat  Vehicle Accident Rescue menjadi implementasi dari Misi Kantor SAR Surabaya untuk menyelenggarakan kegiatan Pencarian dan Pertolongan yang didukung oleh para pegawai yang terlatih dan profesional, serta dengan prosedur kerja yang mantab.

Kegiatan Diklat Vehicle Accident Rescue Angkatan III akan dilaksanakan selama kurang lebih 15 hari, terdiri dari tahap pembekalan teori atau materi di kelas, praktek kering, dan simulasi evakuasi korban kecelakaan yang terjebak di dalam mobil.

Selama masa pembekalan teori di kelas, para peserta Diklat mendapatkan sejumlah materi, diantaranya Manajemen Operasi SAR, Pengenalan Peralatan VAR, Stabilisasi Ken-daraan, Pemadaman Api, Pembuatan Akses Pada Kendaraan, Ekstrikasi Korban, dan Pena-nganan Korban Pra Rumah Sakit.

Setelah menerima penyampaian berbagai teori Vehicle Accident Rescue, para peserta mempraktekkannya di area Diklat, dengan mendapatkan asistensi dari tim instruktur. Meski-pun dilaksanakan dibawah terik matahari, para peserta tampak bersemangat mencoba mem-praktekkan berbagai tehnik VAR yang telah diajarkan instruktur.

Di akhir masa pelaksanaan Diklat Vehicle Accident Rescue ini, para peserta akan diuji kemampuan individunya guna menentukan nilai kelulusan mereka. Oleh karenanya, selama mengikuti Diklat, para peserta diharapkan untuk mampu menyerap semua ilmu yang diberikan para instruktur dengan baik. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Pelatihan .
Pengunggah : surabaya
16 October 16:15 WIB