Yahya Ditemukan Meninggal di Laut Utara Tuban


Tuban – Yahya (18) seorang nelayan asal Tuban ditemukan dalam kondisi meninggal, pada Sabtu (20/4) sekitar pukul 09.30 WIB. Tim SAR gabungan yang sedang melakukan upaya pencarian, menemukan jenazahnya mengapung di lokasi yang berada pada koordinat 6° 47' 37.97" S/ 112° 09' 36.14" E.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Satrio Nurridanto mengatakan, setelah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan, selanjutnya tim SAR membawa jenazah korban ke rumah duka di desa Kradenan, kecamatan Palang, dan menyerahkannya kepada pihak keluarga.

Satrio menambahkan, keberhasilan evakuasi korban ini adalah berkat informasi yang diberikan oleh seorang nelayan, Ainul Yaqin, yang melihat jenazah korban saat mencari ikan di laut.

Seperti diberitakan sebelumnya, upaya untuk menemukan keberadaan Yahya yang dilaporkan hilang ini telah dilakukan tim SAR gabungan dengan mengerahkan empat SRU (Search and Rescue Unit) laut dan satu SRU darat.

Dengan menggunakan sejumlah sarana, seperti perahu karet, perahu nelayan dan juga kapal milik Syahbandar Brondong dan perusahaan pengeboran minyak, empat SRU laut melakukan penyisiran laut yang dimulai dari sekitar lokasi kejadian, kemudian menyebar ke arah utara hingga barat dengan jarak penyisiran sekitar dua mil laut.

Selain melakukan penyisiran di laut, tim SAR gabungan juga mengerahkan SRU darat untuk melakukan penyisiran melalui pesisir pantai. SRu darat juga berupaya membangun jejaring komunikasi dengan warga dan nelayan di sepanjang pesisir laut utara kabupaten Tuban.

Upaya membangun jejaring komunikasi ini dilakukan SRU darat dengan menyebarluas-kan informasi tentang kejadian hilangnya seorang nelayan ini. Harapannya, bila ada warga atau nelayan yang melihat tanda-tanda keberadaan korban, maka segera melaporkannya kepada petugas.

Upaya pencarian dan evakuasi korban ini melibatkan peran serta sejumlah unsur SAR, baik sarana dan personel diantaranya tim Kantor SAR Surabaya, BPBD kabupaten Tuban, Syahbandar Brondong, Petrochina CB Marvelia 03, Koramil Palang, Polsek Palang, relawan SAR Surabaya, Sekber dan nelayan sekitar. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
20 April 18:15 WIB