Upaya Pencarian Wagiran Difokuskan di Perairan Sukamade


Banyuwangi – Tim SAR gabungan memfokuskan upaya pencarian Wagiran (56) di sekitar perairan laut pantai Sukamade, kabupaten Banyuwangi, pada Minggu (21/4). Pencarian tidak hanya dilakukan di laut, namun juga upaya pemantauan melalui darat.

Koordinator Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan (SAR) Banyuwangi, Risky Putra mengatakan, tim SAR gabungan mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit) untuk melakukan upaya penyisiran di laut dengan menggunakan perahu karet dan perahu jukung.

Risky menambahkan, upaya penyisiran laut dilakukan di sekitar TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan), yaitu di laut dibawah tebing Mbah Resek, tepatnya berada pada koordinat 8° 33' 51.60" S 113° 53' 39.46" E.

Tingginya ombak di perairan pantai Sukamade dan arus laut yang deras, menjadi kendala yang dihadapi tim SAR gabungan saat melakukan penyisiran laut. Selain itu, angin yang bertiup kencang dan susahnya sinyal selular untuk berkomunikasi juga menjadi kenala lain yang dihadapi tim SAR gabungan.

Sementara itu, upaya penyisiran melalui darat dilakukan tim SAR gabungan dengan mengerahkan SRU darat untuk melakukan pengamatan di sepanjang tebing Mbah Resek. SRu darat juga menyebarluaskan informasi tentang kejadian ini kepada warga dan nelayan di sekitar pantai Sukamade.

Melalui penyebarluasan informasi ini, lanjut Risky, diharapkan apabila ada warga atau nelayan yang melihat tanda-tanda keberadaan korban, maka segera melaporkannya kepada petugas agar bisa segera ditindaklanjuti.

Adapun unsure-unsur SAR yang ikut terlibat dalam pencarian korban, diantaranya tim operasi Unit Siaga SAR Banyuwangi, BPBD kabupaten Banyuwangi, Polsek dan Koramil Pesanggaran, BSI, Selam, Destana Sarongan dan nelayan setempat.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian untuk menemukan keberadaan korban. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
21 April 8:15 WIB