Tujuh ABK KM Multi Prima I Dievakuasi ke Probolinggo


Probolinggo – Tim rescuer Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember siaga di pelabuhan Probolinggo, pada Sabtu (24/11). Siaga ini dilakukan dalam rangka menunggu kedatangan tujuh orang ABK KM Multi Prima I yang selamat dari kecelakaan dan dievakuasi KM Cahaya Abdai 201 ke pelabuhan Probolinggo.

Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso mengatakan, KM Multi Prima I berlayar dari Surabaya menuju ke Waingapu. Saat berada di perairan laut barat pulau Kapoposang Bali, KM Multi Prima I mengalami kecelakaan dan tenggelam. Tujuh ABK berhasil ditemukan selamat oleh KM Cahaya Abadi 201 setelah melakukan pencarian dengan menggunakan sekoci dan liferaft.

Asnawi menambahkan, menurut informasi dari Nahkoda KM Cahaya Abadi 201, Yulius Indrajati, ketujuh ABK KM Multi Prima I ini ditemukan dalam kondisi terapung di laut dengan hanya memakai jaket pelampung dan benda-benda terapung lainnya. Kondisi tubuh mereka lemas dan mengalami shock berat.

Berdasarkan data dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, KM Multi Prima I ini selain membawa satu orang Nahkoda dan 13 orang ABK, juga membawa sejumlah muatan, diantaranya bahan-bahan bangunan, seperti paving stone, kayu triplek dan beton; polar dan pakan ternak.

Adapun data ketujuh ABK KM Multi Prima I yang selamat, yaitu Bob Chris Butar Butar (Second Officer) asal Medan, Rahmatulloh (second Enginer) asal Lamongan, Debiyallah Sastria asal Larantuka, Zainal Arifin asal Larantuka, Benyamin Henuk asal Larantuka, Aldy Hidayat asal (posisi Cadet Enginer) asal Makassar), Jamaludin (posisi Koki) asal Larantuka.

Sedangkan data tujuh orang ABK KM Multi Prima I yang belum ditemukan, yaitu Trasius (Nahkoda) asal Flores Timur, Syamsul Salda (Chief) asal Flores Timur, Pande (KKM) asal Jakarta, Riski (Oiler) asal Kupang, Sutrisno (Oiler) asal Sragen, Soni Kancil (Bosun) asal Flores dan Philipus Bay (Bass) asal Flores.

“Setibanya di pelabuhan Probolinggo, ketujuh ABK Multi Prima I ini diperiksa kondisi kesehatannya oleh tim medis KKP dan selanjutnya diinapkan di mess SROP Probolinggo guna beristirahat dan pemulihan kondisi tubuh,” ujar Asnawi.

Selain tim rescuer Pos SAR Jember, sejumlah pihak juga ikut terlibat dalam proses penjemputan ketujuh orang ABK KM Multi Prima I, diantaranya KSOP Probolinggo, Polres Probolinggo, Satpolair Probolinggo, Kamladu Probolinggo, KKP Probolinggo, TAGANA dan SROP Probolinggo. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
22 November 20:16 WIB