Tim SAR Temukan Keberadaan Sukardi


Trenggalek – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan Sukardi (50) setelah melakukan upaya pencarian selama tiga hari sejak korban dilaporkan tenggelam di perairan pantai Prigi, kecamatan Watulimo, kabupaten Trenggalek. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal, pada Kamis (9/6) pukul 12.10 WIB, lokasinya berjarak sekitar 2 Mil dari lokasi tenggelamnya korban. {READMORE}

Koordinator lapangan tim rescuer Pos SAR Trenggalek, Brian Gautama mengatakan tim SAR gabungan yang terdiri atas tim rescuer Pos SAR Trenggalek, Satpolair, Polsek Watulimo, Koramil Watulimo dan nelayan setempat, menemukan jenazah korban di dekat kawasan Selo Miring, jaraknya sekitar 2 Mil Laut dari lokasi tenggelamnya korban.

“Atas permintaan pihak keluarga, setelah jenazah korban berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan ke darat, selanjutnya tim SAR gabungan langsung membawa jenazah korban ke rumah duka untuk dilakukan perawatan jenazah sebelum dimakamkan,” kata Brian.

Sebelumnya dalam melakukan upaya pencarian korban, lanjut Brian, para personel tim SAR gabungan dibagi menjadi dua SRU (Search and Rescue Unit). SRU pertama melakukan pengamatan di sepanjang pesisir pantai Prigi hingga ke pantai di sebelahnya. Tujuannya adalah untuk mencari tanda-tanda visual keberadaan korban.

“SRU kedua melakukan pencarian di sekitar perairan pantai Prigi dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi mesin motor tempel dan peralatan water rescue atau pertolongan korban musibah di air, seperti peralatan selam, ring buoy, life jacket dan flexibel buoy,” ujar Brian.

Berdasarkan keterangan dari saksi mata, musibah yang menimpa Sukardi berawal saat Ia pergi memancing seorang diri dengan menggunakan perahu kecil, pada Selasa (7/6) pukul 04.30 WIB. Saksi mata yang berupaya mencari korban setelah mengetahui perahu korban terbalik dan terdampar di pantai, kemudian melapor ke petugas setelah upayanya tersebut tidak berhasil. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : author