Tim SAR Mencari Gunawan di Perairan Watu Karung


Pacitan – Tim SAR gabungan melakukan berupaya mencari Gunawan (35) awak perahu jukung Gandiwa yang tenggelam di perairan laut, Watu Karung, kabupaten Pacitan, pada Rabu (12/12).

Gunawan merupakan satu-satunya korban yang belum ditemukan akibat kecelakaan tenggelamnya perahu jukung Gandiwa. Sedangkan, dua orang awak perahu lainnya Purwadi dan Winarto berhasil selamat.

Komandan tim operasi Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek, Andris Dwi mengatakan, sebanyak tiga SRU (Search and Rescue Unit) dikerahkan untuk menemukan keberadaan korban.

SRU pertama melakukan penyisiran di laut dengan menggunakan perahu jukung milik nelayan setempat. Penyisiran dimulai dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan) hingga ke titik yang berada pada koordinat 8° 16' 05" S 110° 59' 20" E.

SRU kedua dan ketiga melakukan penyisiran darat di sepanjang pesisir pantai Watu Karung secara bergantian. Saat penyisiran darat berlangsung, personel tim SAR gabungan menyebarluaskan informasi tentang kejadian kecelakaan ini kepada nelayan-nelayan sekitar.

“Informasi tentang kejadian kecelakaan yang dialami awak perahu jukung Gandiwa ini perlu disebarluaskan. Tujuannya agar apabila ada nelayan yang melihat keberadaan korban, maka diharapkan memberitahu petugas,” kata Andris.

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, upaya pencarian terhadap Gunawan ini juga melibatkan beberapa pihak, diantaranya BPBD Pacitan, Kamladu Pacitan, Koramil Pringkuku, Polsek Pringkuku, SAR MTA Pacitan, Bakesbangpol Linmas Pacitan, Satpol PP Pringkuku dan nelayan setempat.

Menurut informasi dari saksi mata, Purwadi dan Winarto, kejadian kecelakaan ini ber-mula saat Gunawan dan kedua saksi melaut untuk mencari Lobster dengan menggunakan perahu jukung Gandiwa. Gelombang yang dating tiba-tiba datang, menggulung perahu yang mereka naiki.

Purwadi dan Winarto mampu bertahan hidup dengan cara mengapung dengan meng-gunakan benda-benda mengapung yang berhasil diraihnya. Namun tidak dengan Gunawan, Ia tenggelam dan menghilang di laut.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian untuk menemukan keberadaan korban. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
12 December 12:14 WIB