Tim SAR Kembali Mencari Suyat


Situbondo – Tim operasi Pos BASARNAS Jember beserta unsur SAR gabungan kembali berupaya mencari Suyat (35), di perairan laut pantai Lempuyang, kecamatan Banyuputih,kabu-paten Situbondo, pada Jum'at (14/12).

Komandan tim operasi Pos BASARNAS Jember, Prahista Dian menuturkan, pencarian korban tidak hanya dilakukan di perairan laut Lempuyang, namun juga penyisiran darat di sepanjang pesisir pantai Lempuyang hingga ke pantai di sebelahnya.

Saat melakukan penyisiran darat, SRU (Search and Rescue Unit) yang dikerahkan tim SAR gabungan menyebarluaskan informasi tentang kejadian kecelakaan ini kepada nelayan dan juga warga sekitar pantai Lempuyang.

Prahista menambahkan, tujuan dari menyebarluaskan informasi ini adalah apabila ada warga atau nelayan yang mengetahui keberadaan korban, agar segera melaporkan kepada personel tim SAR yang sedang melakukan pencarian.

Sementara itu di perairan pantai Lempuyang, SRU laut melakukan penyisiran dengan menggunakan dua unit perahu karet dan delapan unit perahu milik nelayan sempat di sekitar TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan), tepatnya berada pada koordinat 07° 46’ 48.2” S 114° 26’ 09.3” E.

Selama upaya pencarian korban berlangsung, para personel tim SAR gabungan selalu menjaga keselamatan diri dengan tetap menggunakan peralatan pengaman diri, seperti jaket pelampung, helm keselamatan, booties, dan peralatan lainnya.

Adapun unsur SAR gabungan yang memperkuat tim Pos BASARNAS Jember saat melakukan pencarian korban, diantaranya dari Satkamla Mimbo, Satpolair Situbondo, BPBD kabupaten Situbondo, SAR OPA Jember, Polsek Banyuputih, KORAMIL Banyuputih, BP Pramuka Situbondo dan nelayan setempat.

Menurut informasi dari saksi mata, Abdurahman, kejadian hanyutnya Suyat nelayan asal Bondowoso ini berawal saat Ia bersama awak perahu BI.1 mencari ikan di perairan laut Lempuyang, pada Rabu (12/12) sekitar pukul 02.45 WIB.

Diduga Suyat terjatuh saat berusaha mengambil tempat tangkapan cumi-cumi yang terjatuh di laut. Meski sudah berusaha, namun karena arus laut yang deras saat itu, awak perahu BI.1 yang lain tidak dapat menyelamatkan korban yang sudah terseret jauh. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
14 December 10:06 WIB