Tim SAR Kembali Mencari Suwanah


Jember - Tim SAR gabungan kembali berupaya mencari Suwanah (80), seorang warga dusun Krajan II, RT 05 RW 04, desa Keting, Jombang, kabupaten Jember, yang tenggelam di sungai Bondoyudho, pada Jum;at (12/10).

Upaya pencarian korban ini melibatkan personel gabungan, diantaranya berasal dari tim operasi Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, BPBD kabupaten Lumajang, BPBD kabupaten Jember, Polsek Jombang, Koramil Jombang dan dibantu warga yang bermukim di sekitar sungai.

Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso mengatakan, upaya pencarian dilakukan dengan mengerahkan SRU (Search and Rescue Unit) air dan darat. SRU air melakukan pencarian di sungai Bondoyudho dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (motor tempel) berkekuatan 25 PK.

SRU pertama melakukan manuver perahu karet, yaitu gerakan perahu secara memutar dan melaju zig-zag untuk menciptakan gelombang, agar korban yang diduga berada di dasar sungai dapat terangkat ke permukaan.

Selain perahu karet, lanjut Asnawi, tim operasi Pos SAR Jember juga dilengkapi dengan peralatan SAR lainnya, diantaranya peralatan selam, jaket pelampung, ring buoy, GPS, peralatan medis dan HT (Handy Talky).

Sementara itu SRU darat melakukan pengamatan di sejumlah titik yang dicurigai dilewati korban. SRU darat juga menyebarkan informasi tentang kejadian musibah ini kepada warga yang bermukim di sepanjang aliran sungai, dengan maksud agar mereka memberikan informasi kepada petugas jika mengetahui keberadaan korban.

Berdasarkan informasi dari petugas Polsek Lumajang, Suwanah dilaporkan telah hilang setelah keluarga, Sutik, melapor ke Petugas bahwa Ia menemukan pisau milik Suwanah di sekitar sungai.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya mencari keberadaan korban. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
12 October 18:16 WIB