Tim SAR Kembali Cari Hanafi di Sungai Buntung


Sidoarjo – Tim SAR gabungan kembali mencari Hanafi (3,5) seorang anak asal Tambak Rejo, yang dilaporkan tenggelam di sungai Buntung, kecamatan Waru, kabupaten Sidoarjo, pada Minggu (3/2).

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Farid Kurniadi mengatakan, sesuai dengan hasil briefing dengan unsur-unsur SAR yang terlibat, pencarian korban dilakukan melalui jalur sungai dan jalur darat.

SRU (search and Rescue Unit) sungai melakukan penyisiran di sungai, dimulai dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan) menuju ke arah timur atau mengikuti aliran sungai, dengan menempuh jarak sekitar empat kilometer.

"Di beberapa titik yang dicurigai, SRU sungai melakukan manuver perahu untuk menciptakan gelombang air yang besar, sehingga korban yang diduga ada di dasar sungai dapat terangkat ke permukaan," ujar Farid.

SRU air juga melakukan pencarian manual dengan cara mengais-ngais di beberapa lokasi yang terdampat tumpukan sampah atau tanaman eceng gondok. Selain itu, SRU air juga menyiagakan tim penyelam untuk melakukan pencarian di bawah air apabila dipandang perlu.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan mengerahkan SRU darat melakukan pemantauan melalui bantaran sungai dan di beberapa lokasi seperti jembatan. SRU darat juga menyebarluaskan informasi tentang kejadian ini ke warga sekitar, sehingga jika mereka melihat keberadaan korban, diharapkan untuk segera melaporkannya ke petugas.

Selain tim Kantor SAR Surabaya, sejumlah unsur SAR juga terlibat dalam proses pencarian Hanafi, diantaranya Polsek Waru, Koramil Waru, TAGANA Sidoarjo, Semar, SAR Surabaya, SAR MTA, Sekber dan warga sekitar.

Berdasarkan informasi dari saksi mata, kejadian yang dialami Hanafi berawal saat Ia dan seorang temannya bermain di tepi sungai Buntung, pada Sabtu (2/2). Diduga korban terpeleset saat sedang asyik bermain. Hanafi memiliki ciri-ciri berambut hitam pendek, kulitnya berwarna sawo matang dan pada saat kejadian memakai kaos biru muda.

Hingga berita ini diberitakan, tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian korban. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
3 February 9:56 WIB