Tim SAR Kembali Cari Geger di Perairan Malemam


Lumajang – Tim SAR gabungan kembali berupaya mencari Geger (58) di sekitar perairan laut Malemam, kecamatan Yosowilangun, kabupaten Lumajang, pada Jum’at (5/7). Ada tiga SRU (Search and Rescue Unit) dikerahkan untuk melakukan penyisiran.

“Sebanyak tiga SRU dikerahkan untuk melakukan penyisiran dan pemantauan melalui jalur darat. Hal ini dikarenakan kondisi cuaca di lokasi kejadian sedang tidak bersahabat, seperti ombak besar dan angin yang kencang,” kata Prahista Dian, Komandan tim operasi Pos BASARNAS Jember.

SRU darat yang pertama melakukan penyisiran yang dimulai dari pesisir pantai Paseban ke arah barat, dengan menempuh jarak sekitar tujuh kilometer hingga sampai di wilayah muara perairan Malemam.

SRU darat yang kedua melakukan penyisiran dari wilayah pantai Wotgalih ke arah timur hingga ke wilayah muara Malemam. Dan SRU darat yang ketiga, menyisir dari Wotgalih hingga ke wilayah lapangan tembak Pandanwangi, dengan jarak tempuh sekitar enam kilometer.

Dalam penyisiran darat ini, personel tim SAR gabungan menyebarluaskan informasi tentang kejadian tersebut kepada warga dan nelayan di sekitar. Tujuannya agar jika ada yang melihat tanda-tanda keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas yang melakukan pencarian.

Selain tim operasi Pos BASARNAS Jember, upaya pencarian Geger ini juga melibatkan peran serta dari sejumlah pihak, diantaranya dari BPBD kabupaten Lumajang dan Jember, SAR OPA Jember, SAR Rimba Laut, Polsek Kencong dan nelayan sekitar.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari saksi mata, Sair (31) yang merupakan anak Geger, kejadian yang dialami Geger dan dirinya bermula saat keduanya dalam perjalanan pulang dari melaut, pada Rabu (3/7) pukul 12.00 WIB. Perahu yang mereka naiki terbalik karena patahnya bagian katir.

Geger dan Sair berupaya berenang ke arah pantai sambil memegang bagian patahan katir perahu. Ditengah upayanya itu, Sair ditolong oleh warga yang sedang mencari ikan. Namun, Sair tidak menjumpai Geger bersama dirinya. Sair pun dibawa warga ke Puskesmas Yosowilangun.

Sementara itu hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian untuk menemukan keberadaan Geger. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
5 July 9:05 WIB