Tim SAR Gabungan Sisir Kawasan Hutan Blok Sawo


Trenggalek – Tim SAR gabungan mengerahkan sejumlah personelnya menyisiri kawasan hutan blok Sawo, desa Ngulung Kulon, kecamatan Munjungan, kabupaten Trenggalek, pada Selasa (23/7). Penyisiran ini dilakukan sebagai upaya untuk menemukan keberadaan Selan (42) yang dilaporkan hilang dikawan hutan tersebut.

“Daerah hutan blok Sawo yang disisir oleh tim SAR gabungan adalah daerah yang mengarah ke laut, di sekitar tebing. Informasi yang Kami diterima, diduga korban terjatuh di daerah tersebut,” ungkap Eko Aprianto, Komandan tim operasi Pos SAR Trenggalek.

Namun karena kondisi cuaca perairan selatan Jawa sedang tidak bersahabat, lanjut Eko, tim SAR gabungan pun melakukan pemantauan melalui beberapa titik di atas tebing hutan blok Sawo.

Menurut data dari BMKG, meskipun cuaca di perairan laut selatan Jawa Timur dalam kondisi cerah, namun kecepatan angin laut bertiup dengan kecepatan antara 10 sampai 30 knots, serta tinggi gelombang laut berkisar di antara 2 sampai 4 meter.

Selain pemantauan darat di beberapa titik, tim SAR gabungan juga berupaya menye-barkan informasi tentang kejadian ini kepada warga dan nelayan di sekitar lokasi kejadian. Tujuannya, jika mereka melihat tanda-tanda keberadaan korban, maka diharapkan agar segera melaporkannya kepada petugas.

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, upaya pencarian korban ini juga melibatkan peran serta dari beberapa pihak, diantaranya dari BPBD kabupaten Trenggalek, Koramil dan Polsek Munjungan, Pokwasmas, KRI, Satpol PP Munjungan dan nelayan sekitar.

Adapun kronologi kejadian ini berdasrakan penuturan dari saksi mata, berawal saat Selan pamit ke Isterinya untuk berladang, pada Minggu (21/7) pagi. Namun hingga Mahgrib tiba, Selan tidak kunjung kembali ke rumahnya.

Sang isteri pun menghubungi beberapa temannya, termasuk Matal, untuk menanyakan keberadaan Selan, Mereka pun tidak mengetahui dimana keberadaan Selan.

Beberapa teman Selan dan perangkat desa Ngulun Wetan berupaya mencarinya namun tidak membuahkan hasil. Akhirnya, kejadian ini dilaporkan ke petugas Polsek Munjungan yang kemudian diteruskan ke Pos SAR Trenggalek untuk permohonan bantuan pencarian korban.

Sementara itu hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih melakukan penyisiran guna menemukan keberadaan Selan. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
23 July 12:10 WIB