Tim SAR Gabungan Kembali Mencari Sukro di Pantai Seruni


Jember – Tim SAR gabungan kembali berupaya mencari keberadaan Sukro Sakiah (19) di perairan pantai Seruni, kecamatan Ambulu, kabupaten Jember, pada Minggu (5/5). Sukro merupakan warga kabupaten Pasuruan yang terseret ombak pantai Seruni saat mandi di pantai tersebut bersama teman-temannya.

Berdasarkan informasi dari petugas Polsek Ambulu, kejadian yang dialami Sukro berawal saat Ia dan teman-temannya mandi di pantai Seruni, pada Sabtu (4/5) sekitar pukul 15.30 WIB. Ombak besar yang datang secara tiba-tiba menghantam dan menyeret korban.

Mengetahui kejadian ini, teman-teman korban segera berupaya menolong, tapi tidak berhasil menyelamatkan korban karena mereka kehabisan tenaga dan terpaksa melepaskan pegangan. Sehingga, korban terhanyut ke tengah laut.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, Asnawi Suroso mengata-kan, dua SRU (Search and Rescue Unit) laut dikerahkan tim SAR gabungan untuk melaku-kan penyisiran di sekitar perairan pantai Seruni atau di lokasi tenggelamnya korban.

Upaya penyisiran di perairan laut dilakukan dengan menggunakan dua unit perahu jukung dan didukung dengan sejumlah peralatan pertolongan korban di air (water rescue), seperti jaket pelampung dan ring buoy.

“Dari perairan pantai Seruni, upaya penyisiran di laut dilanjutkan dengan menempuh jarak sejauh tiga mil laut ke ara selatan dan kemudian berlanjut ke arah timur dengan menempuh jarak sekitar lima mil laut,” ujar Asnawi.

Pada saat yang bersamaan, tiga SRU darat juga melakukan upaya pencarian dengan menyisir di sepanjang pantai Seruni, dengan jarak tempuh sekitar lima kilometer. SRU darat kedua melakukan penyisiran dari lokasi kejadian ke arah timur, sedangkan SRU ketiga melakukan penyisiran sejauh lima kilometer di pesisir pantai Rowo Cangak.

SRU darat juga menyebarluaskan informasi tentang kejadian kecelakaan ini kepada para warga dan juga nelayan yang beraktivitas di sekitar pantai. Hal ini bertujuan apabila mereka menemukan tanda-tanda keberadaan korban, maka diharapkan segera melapor kepada petugas yang melakukan pencarian.

Sejumlah unsur SAR terlibat dalam upaya pencarian korban, diantaranya tim operasi Pos SAR Jember, Polsek Ambulu, Koramil Ambulu, SAR OPA Jember, SAR Rimba Laut dan nelayan sekitar.

Hingga berita ini ditulis, tim SAR gabungan masih berupaya melakukan penyisiran untuk menemukan keberadaan korban. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
5 May 9:20 WIB