Tim SAR Gabungan Kembali Mencari Saidin


Lumajang – Tim SAR gabungan kembali melanjutkan upaya pencarian terhadap Saidin (21), seorang pendaki asal kabupaten Brebes, yang hilang di kawasan hutan sebelah timur Gunung Semeru, pada Selasa (9/10).

Komandan tim operasi Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, Rudy Prahara mengatakan, saat melakukan pendakian untuk mencari Saidin, tim SAR gabungan harus berhati-hati sebab jalur pendakian cukup ekstrim berupa hutan lebat dan berada di dekat jurang.

“Selama proses pencarian berlangsung, tim SAR gabungan melakukan flying camp ketika malam hari tiba, untuk beristirahat sebelum melanjutkan pencarian esok hari,” tambah Rudy.

Dalam upaya pencarian Saidin ini, tim operasi Pos SAR Jember membawa sejumlah peralatan SAR, seperti peralatan mountaineering, GPS (Global Positioning System), peralatan medis dan peralatan komunikasi.

Selain tim operasi Pos SAR Jember, upaya pencarian pendaki hilang tersebut juga melibatkan unsur SAR gabungan, diantaranya SAVER, Tim Advance TNBTS, BPBD kabupaten Lumajang, Koramil Pasrujambe, Polsek Pasrujambe, Puskesmas Pasrujambe, SAR Mahameru dan warga desa sekitar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari saksi mata, kronologi hilangnya korban berawal saat Saidin dan Affan, memulai pendakian Gunung Semeru, melalui jalur non konvensional di dusun Tawon Songo, kecamatan Pasrujambe, pada Selasa (25/9) pukul 10.00 WIB.

Ditengah pendakian, keduanya merasa tersesat, Saidin mengambil inisiatif untuk memanjat pohon guna mencari arah. Namun naas, pohon yang dinaikinya tersebut patah dan akhirnya Saidin pun terjatuh ke jurang dan mengalami luka yang parah.

Karena tidak bisa menolong Saidin yang jatuh ke jurang, Affan pun berinisiatif kembali ke dusun Tawon Songo untuk meminta bantuan.

Ia berhasil tiba di dusun Tawon Songo pada hari Kamis, tanggal 04 Oktober 2018 pukul 17.00 WIB dan melaporkan kejadian jatuhnya korban kepada Kepala Desa Pasrujambe, dan kemudian ditindaklanjuti dengan melaporkan kejadian ini ke BPBD kabupaten Lumajang dan sejumlah pihak terkait. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
9 October 17:19 WIB