Tim SAR Gabungan Gagalkan Percobaan Bunuh Diri


Tulungagung – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menggagalkan aksi percobaan bunuh diri yang dilakukan Probo (50), pada Kamis (22/11). Meski proses negosiasi berjalan lama, yaitu sekitar enam jam, akhirnya Probo bersedia dibujuk dan dievakuasi turun dari atas pohon Jati dalam kondisi selamat, pada pukul 17.10 WIB.

Menurut keterangan dari warga sekitar, aksi nekat yang dilakukan pria asal kelurahan Ringin Pitu RT 01 RW 04, kecamatan Kedungwaru, kabupaten Tulungagung dilatarbelakangi oleh sakit hati dan depresi akibat dikucilkan warga sekitar tempat tinggalnya. Pengucilan itu dilakukan oleh warga, lantaran Probo dianggap mengikuti aliran yang menyimpang.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek, Brian Gautama, langkah-langkah yang dilakukan tim SAR gabungan adalah bernegosiasi dengan Probo agar Ia mau turun ke bawah. Selama proses negosiasi berlangsung, tim SAR gabungan menyiapkan jaring penahan untuk mengantisipasi jika Probo bertindak nekat meloncat.

“Negosiasi ini berjalan baik setelah tim negosiasi menyanggupi permintaan Probo untuk dapat berkomunikasi dengan saudaranya yang merupakan anggota Polres Tulungagung,” ujar Brian.

Setelah dilakukan pemeriksaan medis, selanjutnya petugas menyerahkan Probo kepada pihak keluarga untuk dibawa pulang.

Dalam proses evakuasi Probo, tim SAR gabungan menggunakan sejumlah peralatan, diantaranya peralatan vertical rescue (pertolongan korban musibah di lingkungan ketinggian), peralatan medis, peralatan komunikasi, tandu dan peralatan navigasi berupa GPS.

Sejumlah pihak ikut terlibat dalam proses evakuasi Probo, yaitu tim Pos SAR Trenggalek, Koramil Kedungwaru, Polsek Kedungwaru, BPBD kabupaten Tulungagung, keluarga Probo dan warga sekitar lokasi. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
22 November 10:04 WIB