Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Banjir Jember


Jember – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi Imam Ghazali (42) warga dusun Curah Banteng, desa Kaliwening, kecamatan Rambipuji, pada Sabtu (22/12) sekitar pukul 23.00 WIB dalam kondisi meninggal. Imam meninggal akibat tersengat aliran listrik saat mencoba membuka pompa air di rumahnya yang terdampak banjir.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Jember, Asnawi Suroso meng-atakan, tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah Imam saat sedang melakukan penyisiran di desa Kaliwening, satu dari belasan desa yang tersebar di 11 kecamatan di kabupaten Jember yang terdampak banjir bandang.

Ketinggian banjir di beberapa desa yang terdampak bervariasi. Seperti yang terjadi di desa Curah Lele, kecamatan Balung, ketinggian air mencapai lutut dan bahkan ada titik yang ketinggian airnya mencapai pinggang orang dewasa.

Selain mengevakuasi korban meninggal, tim SAR gabungan yang terdiri dari tim operasi Pos BASARNAS Jember, unsur dari TNI - POLRI, BPBD kabupaten Jember, SAR OPA dan Pintu Merah, juga ikut membantu mengevakuasi warga terdampak banjir ke beberapa lokasi yang lebih aman.

"Warga yang tempat tinggalnya terdampak banjir, telah melakukan evakuasi mandiri ke rumah saudara atau tetangga mereka yang tidak terdampak. Namun, tim SAR gabungan tetap memantau kondisi keamanan dan keselamatan mereka," kata Asnawi.

Asnawi menambahkan, tim SAR gabungan menghentikan proses penyisiran, pada Minggu (23/12) pagi, dikarenakan banjir sudah mulai surut di beberapa titik. Namun demikian, tim SAR gabungan tetap siaga bila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk bantuan evakuasi.

Berdasarkan data dari BPBD kabupaten Jember, wilayah di kabupaten Jember yang terdampak bencana banjir bandang, sebagai berikut :

  1. Dusun Sumberejo dan Tanjungsari, desa Glundengan di kecamatan Wuluhan.
  2. Dusun Karang Pakem, dusun Krajan Tengah dan dusun Krajan Kidul, desa Curah Lele, di kecamatan Balung.
  3. Dusun Curah Banteng, desa Kaliwening di kecamatan Rambipuji.
  4. Dusun Karangsemanding, desa Sukorjo di kecamatan Bangalsari.
  5. Desa Pakem di kecamatan Sumbersari.
  6. Desa Yosorati, desa Sumberagung dan desa Kaliglagah di kecamatan Sumberbaru.
  7. Dusun Curah Lele, desa Sanenrejo di kecamatan Tempurejo.
  8. Dusun Kedung Langkap, desa Keraton di kecamatan Kencong.
  9. Desa Sidomulyo di kecamatan Gumukmas.
  10. Dusun Krasak, desa Pancakarya di kecamatan Ajung.
  11. Dusun Semboro, desa Semboro di kecamatan Semboro. (Lib)



Kategori Bencana .
Pengunggah : surabaya
23 December 8:20 WIB