Tim SAR Gabungan Cari Keberadaan Roni


Blitar – Tim rescuer Pos SAR Trenggalek bersama unsur SAR gabungan, pada Senin (8/8) kembali berupaya mencari keberadaan Roni (20) seorang wisatawan asal kecamatan Ngancar, kabupaten Kediri, yang tenggelam di perairan pantai Gondo Mayit, desa Tambakrejo, kecamatan Wonotirto, kabupaten Blitar. {READMORE}

Koordinator lapangan tim rescuer Pos SAR Trenggalek, Yoni Fariza mengatakan, upaya pencarian oleh tim SAR gabungan, yang terdiri dari tim rescuer Pos SAR Trenggalek, Kamladu Tambakrejo, Polsek Wonotirto, BPBD kabupaten Blitar, Gagak Hitam Rescue, RAPI Blitar dan nelayan setempat, dimulai dari lokasi tenggelamnya korban.

“Dalam upaya pencarian ini, tim SAR gabungan mengerahkan tiga SRU (Search and Rescue Unit). Dua SRU melakukan pencarian di perairan pantai dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi mesin motor tempel dan satu SRU melakukan penyisiran di sepanjang tepi pantai untuk mencari tanda-tanda visual keberadaan korban,” ungkap Yhoni.

Pencarian menggunakan perahu karet ini, lanjut Yoni, hanya efektif dilakukan pada pagi dan sore hari, karena kondisi cuaca relatif tenang. Sedangkan pada siang hari, pencarian di perairan pantai dilakukan dengan menggunakan perahu fiber. Hal ini disebabkan karena kondisi ombak yang besar dan angin yang bertiup cukup kencang.

Menurut keterangan dari saksi mata di lokasi kejadian, musibah tenggelamnya Roni berawal saat Ia bersama rombongan wisatawan dari Kabupaten Kediri yang berjumlah 22 orang, terdiri dari 19 orang laki-laki dan tiga orang perempuan, sedang berwisata di area pantai Gondo Mayit, pada Minggu (7/8).

Saat sedang asyik mandi di pantai bersama tiga orang temannya, Syarif (20), Arifin (20) dan Andri (25), ombak besar datang secara tiba-tiba dan menghantam mereka berempat. Dua orang penjaga warung dan tiga temannya tidak mampu menyelamatkan Roni karena posisinya agak ke tengah. Akhirnya, Roni pun terseret ombak ke tengah laut dan kemudian hilang.

Sementara itu hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian keberadaan korban. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author