Tim SAR Gabungan Berupaya Mencari Sodiq


Pasuruan – Tim SAR gabungan berupaya mencari M. Sodiq (60), seorang nelayan asal yang dilaporkan hilang saat mencari ikan dan kepiting di perairan muara Telocor, kabupaten Sidoarjo, pada Minggu (20/1).

Selain tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, ada juga tim dari Satpolair, BPBD kabupaten Pasuruan dan nelayan sekitar yang turut serta melakukan upaya pencarian korban.

Komandan tim operasi Kantor SAR Surabaya, Irfani Yugus mengatakan, para personel dari tiga unsur SAR ini dibagi menjadi tiga SRU (Search and Rescue Unit). Adapun area pencarian korban dari masing-masing SRU ini sesuai dengan koordinat hasil pemetaan dari staf SMC.

Ketiga SRU berupaya secara optimal mencari keberadaan korban, meskipun meng-hadapi kendala cuaca wilayah perairan laut yang tidak bersahabat, dimana turun hujan, arus laut dan angin yang kencang, serta lokasi hilangnya korban yang masih sebatas perkiraan.

Tim SAR gabungan menggunakan sejumlah sarana SAR guna mendukung upaya pencarian korban, diantaranya tiga unit perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (Motor Tempel) berkekuatan 25 PK, peralatan selam, jaket pelampung dan GPS.

Menurut informasi dari pihak keluarga, kronologi kecelakaan yang dialami korban ini bermula saat Sodiq mencari ikan dan kepiting di sekitar perairan muara Telocor, kabupaten Sidoarjo, pada Rabu (16/1) sekitar pukul 21.00 WIB.

Hingga keesokan harinya, pada Kamis (17/1) pukul 14.30 WIB, Sodiq belum juga kem-bali pulang ke rumah. Karena merasa sudah melebihi waktu melaut seperti biasanya, pihak keluarga pun melaporkan kejadian ini ke Satpolair Pasuruan.

Pihak keluarga menduga korban hilang setelah perahu yang digunakannya terbalik dan kemudian tenggelam akibat hantaman ombak dan kencangnya angin yang bertiup di sekitar perairan muara Telocor.

Sementara itu hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih melakukan upaya pencarian korban. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
20 January 13:34 WIB