Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Aris


Ngawi – Tim SAR gabungan berhasil menemukan Aris (27), pria asal desa Manisharjo, RT 01 / RW 02, kecamatan Sine, yang tenggelam di bendungan Mbulak, kabupaten Ngawi, pada Senin (8/10) sekitar pukul 11.00 WIB.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek, Brian Gautama mengata-kan, korban ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak sekitar lima meter dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan). Tepatnya berada pada koordinat 07° 29' 56" S - 111° 11' 04,3" E.

Setelah berhasil dievakuasi ke darat, tidak dilakukan visum terhadap jenazah korban, tetapi tim SAR gabungan langsung menyerahkannya kepada keluarga untuk dimakamkan.

Brian menambahkan, upaya pencarian korban dilakukan dengan mengerahkan SRU (Search and Rescue Unit) darat dan SRU air. SRU darat melakukan pengamatan terhadap tanda-tanda keberadaan korban melalui tepi bendungan. SRU air melakukan pencarian di area bendungan dengan menggunakan perahu karet.

Tim penyelam dari Pos SAR Trenggelek juga dikerahkan untuk mencari keberadaan korban di dalam air. Tim penyelam sempat mengalami kendala berupa jarak pandang di dalam air yang terbatas karena kondisi air bendungan yang keruh.

Sejumlah peralatan SAR digunakan selama proses pencarian korban, yaitu perahu karet, jaket pelampung, ring buoy, peralatan selam, Alat Pengaman Diri (APD), peralatan medis, peralatan komunikasi, peralatan navigasi berupa GPS (Global Positioning System).

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, upaya pencarian korban juga melibatkan sejumlah personel instansi / organisasi berpotensi SAR, diantaranya GMR Ngawi, SAR MTA, Sikatan Rescue, BPBD kabupaten Ngawi, SAR MDMC Ngawi, PGL, Polsek Sine, Koramil Sine dan dibantu warga sekitar lokasi kejadian.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari saksi mata, kecelakaan yang dialami korban berawal saat Ia hendak berenang di bendungan. Diduga saat berenang, korban mengalami kram hingga akhirnya tenggelam. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
8 October 18:10 WIB