Tim SAR Berupaya Mencari Agil


Jombang - Tim SAR gabungan berupaya mencari Agil Lindu Firmansyah (11), seorang warga dusun Kramat, RT 02 RW 02, desa Tanggungkramat, kecamatan Ploso, yang tenggelam di sungai Tanggungan, kabupaten Jombang, pada Selasa (16/10).

Upaya pencarian korban ini melibatkan personel gabungan, diantaranya berasal dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, BPBD kabupaten Jombang, Polsek Ploso, Koramil Ploso, RAPI Jombang, SEMAR Jombang, BAGANA dan Relawan Singiwande.

Komandan tim operasi Kantor SAR Surabaya, I Dewa Nyoman mengatakan, upaya pencarian dilakukan dengan mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit). SRU pertama bertugas melakukan pencarian di sungai dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin motor tempel dan peralatan water rescue lainnya.

Dalam upayanya menemukan keberadaan korban, SRU pertama melakukan manuver perahu karet, yaitu gerakan perahu secara memutar dan melaju zig-zag untuk menciptakan gelombang, agar korban yang diduga berada di dasar sungai dapat terangkat ke permukaan.

Sementara itu SRU kedua melakukan pengamatan di sejumlah titik, seperti jembatan, yang dicurigai dilewati korban. Selain itu, SRU kedua juga menyebarkan informasi tentang kejadian musibah ini kepada warga yang bermukim di sepanjang aliran sungai, dengan maksud agar mereka memberikan informasi kepada petugas jika mengetahui keberadaan korban.

“Korban akhirnya ditemukan di lokasi yang berada pada koordinat 07°28'2" S - 112° 12'46" E dalam kondisi meninggal. Setelah berhasil dievakuasi ke tepi sungai, jenazah korban kemudian diserahkan kepada pihak keluarga,” ujar Dewa.

Berdasarkan informasi dari saksi mata, kronologi kecelakaan sungai yang menimpa korban ini berawal saat Ia dan temannya mandi di sungai setelah bermain sepak-bola. Kelimanya bermain perahu-perahuan dengan menggunakan batang pisang.

Namun karena batang pisang yang kecil, mereka pun terguling dan jatuh ke sungai. Warga yang melihat kejadian itu, langsung berusaha menyelamatkan mereka, namun hanya berhasil menyelamatkan satu orang anak, sementara korban tidak tertolong, hingga akhirnya hilang tenggelam. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
16 October 19:04 WIB