Tim SAR Berhasil Temukan Eko di Sungai Klinter


Nganjuk – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan Eko Pujianto (30) di sungai Klinter, pada Rabu (10/4) sekitar pukul 16.35 WIB. Lokasi penemuannya berjarak tidak jauh dari lokasi tenggelamnya korban.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Fadly Wasis mengatakan, Eko ditemukan tim SAR gabungan sudah dalam kondisi meninggal. Jenazahnya mengapung di permukaan sungai, lokasinya berada pada koordinat 7° 34’ 27.5” S – 112° 05’ 13.7” E.

Setelah dievakuasi ke darat, lanjut Wasis, selanjutnya jenazah Eko diserahterimakan oleh tim SAR gabungan kepada keluarga korban untuk dimakamkan.

Seperti diketahui, tim SAR gabungan telah melakukan upaya pencarian korban sejak Ia dilaporkan tenggelam di sungai Klinter, yang terletak di desa Pandanasri, kabupaten Nganjuk, pada Selasa (9/4). Upaya pencarian korban ini dilakukan di sungai dan juga melalui jalur darat.

Upaya pencarian korban di sungai Klinter, dilakukan tim SAR gabungan dengan mengerahkan sebanyak dua SRU (Search and Rescue Unit) air. Pencarian di sungai dimulai dari sekitar TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan) yang berada pada koordinat 07° 53' 39.6" S - 112° 4' 54.8" E.

Dalam upaya pencarian korban di sungai ini, SRU air menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (Motor Tempel) berkekuatan 25 PK. Selain itu, sejumlah per-alatan SAR juga digunakan, diantaranya APD (Alat Pelindung Diri) seperti jaket pelampung dan helm, handy talky, peralatan medis dan GPS.

SRU air beberapa kali melakukan manuver perahu di beberapa titik yang dicurigai. Manuver perahu ini adalah gerakan perahu melaju zig-zag atau memutar dengan kecepatan cukup tinggi. Tujuannya untuk menciptakan gelombang air yang besar, agar korban yang diduga berada di dasar sungai dapat terangkat ke permukaan.

Selain pencarian di sungai, tim SAR gabungan juga mengerahkan sejumlah personel untuk melakukan pemantauan di titik-titik yang dicurigai dilewati korban. Tim darat ini juga membangun jejaring komunikasi dengan warga yang beraktivitas di sekitar sungai. Berharap jika mereka melihat tanda-tanda korban, maka segera melaporkannya ke petugas.

Sejumlah pihak terlibat dalam upaya pencarian korban ini, diantaranya tim operasi Kantor SAR Surabaya, Koramil Kertosono, Koramil Baron, Polsek Kertosono, PMI, KRI, Relawan Singowande, Bangjuri, BPBD Nganjuk, Perangkat desa Pandan Asri, dan warga sekitar. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
10 April 17:30 WIB