Tim Rescuer Kantor SAR Surabaya Pamerkan Alut SAR


Sidoarjo – Tim rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya memamerkan Alut (Peralatan Utama) SAR dan peralatan SAR dalam Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, pada Kamis (20/12).

Kepala Kantor SAR Surabaya, Prasetya Budiarto, S.A.N, M.Si., mengatakan, sebanyak dua Alut SAR ditampilkan dalam apel kesiapsiagaan ini, yaitu Water Treatment Truck dan Rescue Car yang dilengkapi dengan sejumlah peralatan SAR.

Water Treatment Truck adalah kendaraan SAR yang diperuntukkan dalam proses penanggulangan dampak bencana alam. Kendaraan ini secara khusus dilengkapi dengan mesin-mesin yang mampu mengolah air kotor menjadi air bersih yang dapat dikonsumsi lagi oleh warga terdampak bencana alam.

Rescue Car merupakan kendaraan yang dilengkapi dengan sejumlah peralatan SAR, diantaranya Peralatan Ekstrikasi untuk menolong korban yang tertimpa reruntuhan bangunan, Peralatan Vertical Rescue untuk menolong korban di ketinggian, SCBA, Emergency Lighting, dan peralatan medis.

Apel yang digelar di alun-alun kabupaten Sidoarjo ini dipimpin langsung oleh Bupati Sidoarjo, HSaiful Ilah, SH, M.Hum., dan dihadiri oleh sejumlah Forkopimda, diantaranya Dandim 0816 Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo dan Kalaksa BPBD kabupaten Sidoarjo.

Selain tim rescuer Kantor SAR Surabaya, apel ini juga diikuti oleh sejumlah instansi di kabupaten Sidoarjo, seperti Kodim 0816, Polresta Sidoarjo, BPBD, PMI, PMK, Dinas Sosial, RAPI dan ORARI.

Selesai pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan, Bupati beserta unsur Forkopimda kabupaten Sidoarjo meninjau para peserta apel dan sejumlah kendaraan yang dipamerkan, termasuk dengan dua Alut SAR yang dihadirkan Kantor SAR Surabaya.

Bupati Sidoarjo menyampaikan apresiasi atas kesiapsiagaan BASARNAS dan seluruh instansi terkait dalam menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana di kabupaten Sidoarjo, sehingga hal ini bisa membawa rasa aman bagi masyarakat Sidoarjo. (Lib)



Kategori Berita Kansar , General Artikel .
Pengunggah : surabaya
20 December 13:09 WIB