Tim Rescuer Kansar Surabaya Disiagakan di Sejumlah Titik Rawan


Surabaya – Tim rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya disigakan di sejumlah titik rawan selama masa libur panjang Hari Raya Natal tahun 2018 dan Tahun Baru 2019, pada Minggu (23/12).

Adapun titik-titik rawan yang menjadi tempat siaga para rescuer Kantor SAR Surabaya, diantaranya objek vital transportasi massa, seperti Bandara, Pelabuhan dan Stasiun, serta tempat-tempat wisata yang ramai pengunjung, seperti pantai.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya, Al Amrad mengatakan, para personel rescuer ini melakuan siaga SAR khusus, mulai tanggal 20 Desember 2018 hingga 02 Januari 2019.

Selama pelaksanaan siaga SAR khusus ini, para rescuer Kantor SAR Surabaya didukung dengan sejumlah Alut (Peralatan Utama) SAR dan Peralatan SAR, seperti rescue truck, rescue car dan peralatan medis.

Pelaksanaan siaga SAR khusus ini bertujuan untuk mengantisipasi potensi timbulnya kecelakaan penerbangan, kecelakaan pelayaran, bencana dan kondisi membahayakan jiwa manusia di wilayah provinsi Jawa Timur yang menjadi wilayah kerja Kantor SAR Surabaya.

Amrad menambahkan, siaga SAR khusus ini juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang merayakan Hari Raya Natal maupun mereka yang sedang memanfaatkan masa libur panjang.

Adapun objek vital yang menjadi tempat siaga SAR khusus, diantaranya Bandara Internasional Juanda, Bandara Blimbingsari di Banyuwangi, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Banyuangi Baru.

Tempat-tempat wisata yang dipantau tim rescuer Kantor SAR Surabaya, diantaranya pantai Kenjerean, pantai Boom, pantai Watu Dodol, pantai Prigi dan pantai Tambakrejo di Blitar. Selain itu, tim rescuer juga melakukan patroli siaga di sejumlah ruas jalan tol yang baru difungsikan, seperti di ruas tol Pandaan (Pasuruan) - Karang Lo (Malang).

Selama melaksanakan siaga SAR khusus di tempat-tempat wisata, khususnya pantai, tim rescuer ikut membantu petugas setempat dalam memberikan himbauan kepada para pengunjung agar selalu waspada dan berhati-hati, serta khusus bagi orang tua agar selalu mengawasi anak-anak mereka saat bermain di tepi pantai. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
23 December 14:40 WIB