Tiga SRU Dikerahkan Untuk Mencari Ilham di Pantai Pancer


Jember – Tim SAR gabungan mengerahkan tiga SRU (Search and Rescue Unit) untuk mencari Ilham (21) warga Tukum, kabupaten Lumajang, yang terseret ombak di perairan pantai Pancer, kecamatan Puger Selatan, kabupaten Jember.

Berdasarkan informasi dari petugas Polsek Puger, kecelakaan yang dialami Ilham berawal saat Ia dan teman-temannya mandi di tepi pantai Pancer, pada Kamis (2/5) pukul 17.00 WIB. Saat sedang asyik bermain air, tiba-tiba ombak besar datang menghantam dan menyeret mereka ke tengah.

Teman-teman korban mengalami nasib baik, dapat selamat karena terdorong ombak kembali ke pantai. Namun tidak demikian dengan Ilham, Ia terseret ke tengah laut hingga akhirnya hilang.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, Asnawi Suroso mengatakan, satu SRU laut dan dua SRU darat dengan sejumlah peralatan SAR pendukungnya berupaya melakukan penyisiran yang dimulai dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan).

Dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (Motor Tempel) berkekuatan 25 PK, SRU laut memulai penyisiran dari perairan pantai Nyamplong Kobong menyusuri sepanjang pinggiran perairan pantai hingga sampai di pantai Pancer.

"Meskipun menghadapi kondisi besarnya ombak dan kencangnya angin laut selatan, SRU laut berupaya seoptimal mungkin untuk menemukan tanda-tanda keberadaan korban, tentu dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan," pungkas Asnawi.

Tolok ukur aspek keselamatan jiwa penolong sebagai perhatian utama ini dapat dilihat dari SOP saat melaksanakan pencarian di perairan, seperti mengenakan jaket pelampung, helm keselamatan, dan sejumlah peralatan pendukung lainnya.

Sementara itu di saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga mengerahkan dua SRU darat dengan tugas melakukan penyisiran di sepanjang pesisir pantai Pancer dan pantai Jedugan. Penyisiran ini dilakukan dengan menggunakan motor trail dan jalan kaki.

Di sela-sela penyisiran pantai, SRu darat juga menyebarluaskan informasi tentang kejadian kecelakaan ini kepada para warga dan juga nelayan yang beraktivitas di sepanjang pantai Pancer dan Jedugan.

Penyebarluasan informasi ini bertujuan agar jika ada yang melihat tanda-tanda keberadaan korban, maka diharapkan mereka segera melaporkannya kepada petugas. Hal ini tentu dapat mempermudah upaya tim SAR gabungan dalam menemukan korban.

Sejumlah unsur SAR terlibat dalam upaya pencarian korban, diantaranya tim operasi Pos SAR Jember, Pos TNI AL Puger, Polair Puger, Polsek Puger, BPBD kabupaten Jember, BPBD kabupaten Lumajang, SAR OPA Jember, PMI Jember, Komunitas Trail Brandal Alas, OPA Dias Lumajang, Pintu Merah, RAPI Jember dan nelayan sekitar.

Hingga berita ini ditulis, tim SAR gabungan masih berupaya melakukan penyisiran untuk menemukan keberadaan korban. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
5 May 8:15 WIB