Sunadin Ditemukan Selamat di Hutan Bujuk Gimeng


Situbondo – Sunadin (52) seorang pencari kayu bakar yang hilang di kawasan hutan Bujuk Gimeng, desa Sumberkolak, kecamatan Panarukan, kabupaten Situbondo, akhirnya ditemu-kan tim SAR gabungan dalam kondisi selamat, pada Rabu (12/12) pukul 16.30 WIB.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Jember, Asnawi Suroso mengatakan, tim SAR gabungan menemukan Sunadin atau yang juga dipanggil Pak Ucik ini di dalam hutan Bujuk Gimeng, lokasinya berada pada koordinat 7° 45' 3.2184" S 113° 58' 59.8944" E.

Setelah ditemukan, lanjut Asnawi, tim SAR gabungan melakukan pemeriksaan kondisi Sunadin. Tim SAR tidak menemukan adanya bekas luka pada tubuhnya, namun kondisinya memang sedikit lemas.

Selanjutnya, tim SAR gabungan membawa Sunadin ke Puskesmas Panarukan untuk dilakukan perawatan medis lebih lanjut oleh petugas. Setelah dinyatakan sehat, Sunadin pun dibantu pulang ke rumahnya di dusun Randu Selatan, desa Sumberkolak.

Sebelumnya dalam upaya pencarian Sunadin, tim SAR gabungan telah mengerahkan beberapa SRU (Search and Rescue Unit) untuk melakukan penyisiran di kawasan hutan Bujuk Gimeng,dimulai darilokasi Sunadin biasa mencari kayu bakar.

SRU yang melakukan penyisiran ini adalah gabungan personel dari beberapa, seperti dari tim Pos BASARNAS Jember, SAR OPA Jember, Polsek dan Koramil Panarukan, BPBD kabupaten Situbondo dan warga sekitar.

Selama proses pencarian ini berlangsung, tim SAR gabungan didukung dengan sejumlah peralatan SAR, diantaranya peralatan navigasi darat (seperti peta, kompas dan GPS), HT, peralatan komunikasi, medis serta mountaineering.

Berdasarkan informasi dari pihak keluarga, sebelum dilaporkan hilang, Sunadin pamit mencari kayu bakar di kawasan hutan Bujuk Gimeng, pada Selasa (11/12) pukul 05.00 WIB. Sunadin sempat pulang ke rumah untuk menaruh kayu dan bertemu dengan tetangganya, Pur (28), sekitar pukul 06.30 WIB.

Biasanya Sunadin sudah pulang kembali ke rumah pada siang hari. Namun hingga sore hari pukul 17.00 WIB, Sunadin belum juga pulang. Kemudian, pihak keluarga dibantu beberapa orang tetangganya mencari Sunadin ke hutan. Upaya ini belum berhasil hingga akhirnya pihak keluarga meminta bantuan tim SAR. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
12 December 19:16 WIB