Sukisno Ditemukan Meninggal di Bengawan Solo


Bojonegoro – Sukisno (40), pria asal RT 10 RW 02 desa Mojosari, kecamatan Kaitidu, kabupaten Bojonegoro, ditemukan dalam kondisi meninggal di Bengawan Solo, pada Jum’at (23/11) sekitar pukul 10.04 WIB.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Ainul Makhdin mengatakan, jenazah korban ditemukan di lokasi yang berada pada koordinat 07° 8' 14" S 111° 49' 53" E, tidak jauh dari Tempat Kejadian Kecelakaan (TKK).

Setelah berhasil dievakuasi ke tepi sungai, lanjut Ainul, selanjutnya jenazah korban di bawa ke Puskesmas Kalitidu untuk dilakukan visum oleh petugas. Setelah melalui proses visum, jenazah korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Sebelumnya upaya pencarian korban ini dilakukan dengan mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit). SRU pertama melakukan penyisiran di sekitar TKK menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (Motor Tempel) berkekuatan 25 PK.

“Saat menyisir di sekitar TKK, SRU pertama bebrapa kali melakukan manuver perahu karet. Manuver ini bertujuan untuk menciptakan gelombang air agar jenazah korban yang diduga berada di dasar sungai dapat terangkat ke permukaan,” ungkap Ainul.

Setelah dirasa tidak ada tanda-tanda keberadaan korban, selanjutnya SRU pertama melakukan upaya penyelaman. Dua orang penyelam menghadapi kendala saat berada di dalam air, yaitu arus sungai yang kuat dan jarak pandang yang terbatas karena keruhnya air.

Sementara itu di saat yang bersamaan, SRU kedua juga melakukan upaya penyisiran yang dimulai dari TKK hingga sejauh satu kilometer. Selain tim operasi Kantor SAR Surabaya, sejumlah unsur SAR gabungan juga ikut berpartisipasi dalam proses pencarian korban, diantaranya BPBD kabupaten Bojonegoro, PMK Bojonegoro, RAPI Bojonegoro, Polsek Kalitidu, Koramil Kalitidu, Polsek Trucuk, Koramil Trucuk, AGL (Anak Gunung Lawu) dan warga sekitar.

Sementara itu berdasarkan informasi yang diperoleh dari warga sekitar, kecelakaan yang dialami korban ini berawal saat korban sedang memancing ikan di sekitar Bendungan Gerak Bengawan Solo. Diduga korban terpeleset, lalu terjatuh ke sungai hingga tenggelam terbawa arus. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
23 November 20:20 WIB