Sosialisasi Kesiapan Menghadapi Bencana di SMA MDC Surabaya


Surabaya – Tim rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya memberikan sosialisasi tentang kesiapan menghadapi bencana gempa bumi, pada Rabu (28/11) pagi, bertempat di SMA MDC (Masa Depan Cerah) Surabaya.

Sebanyak 250 orang, terdiri dari siswa-siswi, guru dan pengelola sekolah, dengan antusias dan serius menyimak pembekalan materi yang diberikan para petugas berseragam oranye ini.

Koordinator tim rescuer Kantor SAR Surabaya dalam kegiatan sosialisasi kali ini, Berty Iswandini mengatakan, materi sosialisasi yang diberikan meliputi pengetahuan jenis-jenis bencana serta tugas pokok dan fungsi BASARNAS dalam masa tanggap darurat bencana.

Lebih lanjut Berty menambahkan, melalui sosialisasi ini, tim Kantor SAR Surabaya berupaya memberikan pemahaman tentang bagaimana cara berlindung dan menyelamatkan diri saat terjadi bencana, khususnya gempa bumi.

Materi lain yang diterima peserta sosialisasi yaitu, pentingnya fungsi tanda-tanda jalur evakuasi dan titik kumpul (assembly point) yang wajib ada di setiap gedung, baik gedung perkantoran pemerintah dn swasta, maupun sekolah.

"Tidak hanya berupa pemekalan materi saja, Kami pun juga memperagakan cara mengevakuasi korban gempa, mulai dari pemberian bantuan medis awal hingga pemindaan darurat dengan meggunakan tandu lipat," ujar Berty.

Sosialiasi kesiapan menghadapi gempa seperti ini akan terus digalakkan Kantor SAR Surabaya sebagai upaya agar masyarakat sadar akan potensi bencana di wilayah kota Surabaya dan paham bagaimana meresponnya. (Lib)



Kategori Berita Kansar , General Artikel .
Pengunggah : ratri dwiyani
28 November 18:50 WIB