Siswa-Siswi Home Schooling Kak Seto Belajar SAR


Surabaya - Sejumlah siswa dan siswi Home Schooling Kak Seto Surabaya berkunjung ke Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, pada Jumat (3/5). Kedatangan mereka ini bertujuan untuk belajar SAR dan mengetahui lebih jauh sosok orang-orang hebat yang mendedikasikan hidupnya untuk menolong orang lain.

Siswa-siswi Home Schooling Kak Seto ini datang dengan rasa penasaran yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan mereka bertanya setelah tim instruktur Kantor SAR Surabaya menyampaikan sejumlah materi, diantaranya tentang sejarah berdirinya Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

"Selain mengenal BASARNAS, para siswa dan siswi Home Schooling Kak Seto juga Kami ajak untuk mengenal dan memahami jenis-jenis bencana alam beserta karakternya, juga apa yang harus mereka lakukan jika suatu saat menghadapi bencana alam, misal gempa bumi," ujar Riska Iriani, Koordinator tim instruktur Kantor SAR Surabaya.

Riska menambahkan, pengetahuan tentang kebencanaan dan upaya penanggula-ngannya sangat penting untuk diajarkan kepada para anak usia sekolah, mulai dari TK hingga SMA. Hal ini harus dilakukan mengingat kawasan Surabaya Sidoarjo dan sekitarnya yang memiliki potensi bencana, seperti banjir dan gempa bumi.

Selain mengikuti penyampaian materi di kelas, para siswa dan siswi Home Schooling Kak Seto juga diajak melihat secara dekat beberapa sarana SAR yang digunakan tim BASARNAS saat menjalankan tugas, seperti kendaraan rescue truck yang dilengkapi peralatan pertolongan.

"Kami juga mengenalkan kepada mereka peralatan utama SAR, diantaranya RIB (Rigid Inflatable Boat) yang terbuat dari alumunium, ATV jenis Heavy Duty dan Beach Patrol, amphibius, excavator serbaguna serta truk yang dilengkapi peralatan pengolah air kotor menjadi air bersih.

Melihat kegembiraan dan ketertarikan para siswa dan siswi Home Schooling Kak Seto ini tentu membuat tim instruktur Kantor SAR Surabaya sangat senang dan makin semangat saat memberikan ilmu tentang SAR kepada mereka. Harapannya, semoga kelak mereka memiliki keinginan untuk belajar SAR secara lebih mendalam.

Tim instruktur Kantor SAR Surabaya juga berharap agar tumbuh jiwa sosial dalam diri mereka pada suatu saat nanti, dan tergerak untuk memberikan pertolongan apabila ada sesama yang membutuhkan bantuan. (Lib)



Kategori Berita Kansar .
Pengunggah : surabaya
3 May 15:10 WIB