Semua ABK KM Ise Baru Berhasil Diselamatkan


Surabaya – Sebanyak 15 orang ABK dan seorang kadet KM (Kapal Motor) Ise Baru dapat dievakuasi dalam kondisi selamat, setelah kapal mereka terbakar saat berada di perairan laut sekitar pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Akibat musibah ini, satu orang KKM (Kepala kamar Mesin), Zainudin, mengalami luka bakar. {READMORE}

Nama keenambelas ABK KM Ise Baru yang selamat tersebut, yaitu Julius Toisuta (Nahkoda), Zainudin (KKM), Purwanto (Mualim I), Franky (Mualim II), Dairi (Operator), Johanes (Juru Mudi I), Riswan (Juru Mudi II), Arwan (Juru Mudi III), Agus (Bass I), Nyaulan (Bass II), Rahman (Oilman), Ilham (Oliman), Ali (Oliman), Sahbudin (Bosun), Nicolas (Juru Masak) dan Oki (Kadet).

Musibah terbakarnya KM Ise Baru ini segera direspon oleh pihak-pihak terkait di pelabuhan karena lokasinya yang tidak jauh dari dermaga. Seluruh korban dapat segera dievakuasi dengan bantuan armada kapal dari Ditpolair Polda Jatim, Basarnas, Bakamla, KPLP dan Pelindo III.

“Seluruh ABK KM Ise Baru dievakuasi ke Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak untuk dimintai keterangan tentang musibah ini. Sementara itu, sang KKM dibawa ke Rumah Sakit PHC untuk mendapatkan perawatan medis intensif karena menderita luka bakar yang serius,” kata Mochamad Arifin, Kepala Kantor SAR Surabaya.

Arifin menambahkan, Kantor SAR Surabaya mengerahkan KN SAR Srikandi untuk membantu mengevakuasi korban ke Tug Boat dan melakukan pengawalan selama proses pemadaman api. Sementara itu, proses pemadaman api dilakukan oleh Tug Boat Bima 333 dan Tug Boat Kresna 306.

Menurut keterangan yang diperoleh dari sejumlah sumber, sebelum mengalami kebakaran, KM Ise Baru milik PT Anugerah Abadi Permai ini baru saja berangkat dari Dermaga Kalimas menuju ke Kalimantan Utara dengan membawa muatan berupa bahan bangunan, kardus dan sejumlah barang kebutuhan pokok.

Titik api bermula dari bagian Palka Depan kapal, yang kemudian semakin membesar dan merambat karena tiupan angin. Meskipun akhirnya kebakaran ini padam, namun KM Ise Baru tenggelam setelah bagian Palka Depan kapal dipenuhi air yang berasal dari proses pemadaman tersebut. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : author