Satu Tim Operasi Dikerahkan Cari Suharto di Perairan Batu Tulis


Surabaya – Satu tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya dikerahkan untuk mencari keberadaan Suharto (40), ABK KM Surya Abadi 02, di parairan laut Batu Putih, kabupaten Sumenep, pada Senin (15/7).

Kepala Kantor SAR Surabaya, Prasetya Budiarto mengatakan, tim operasi ini berlayar menuju ke LKP (Last Known Position) di perairan Batu Putih, kabupaten Sumenep dengan menggunakan KN SAR 225 Widura.

KN SAR 225 Widura bersama tim operasi Kantor SAR Surabaya, lanjut Prasetya, nanti-nya akan melakukan upaya penyisiran sesuai rencapa operasi, di sektor yang telah dipetakan melalui SAR Map oleh Staf SMC (SAR Mission Coordinator).

SAR Map ini dibuat berdasarkan berbagai data kondisi cuaca di perairan laut di sekitar LKP yang diperoleh dari BMKG Maritim Perak. Data kondisi cuaca ini, meliputi kondisi arus, arah dan kecepatan angin, gelombang serta sejumlah data pendukung lainnya.

Menurut informasi yang diperoleh dari petugas Pos Kamladu Pasongsongan, Suharto dan lima orang temannya, sedianya akan berlayar dengan menggunakan KM Surya Abadi 02 dari Banjarmasin menuju ke pulau Sapudi, pada Sabtu (13/7) sekitar pukul 16.00 WIB.

Saat melintas di sekitar perairan antara Batu Putih dan Dungkek, pada Senin (15/7) sekitar pukul 14.00 WIB, KM Surya Abadi 02 menghadapi ombak dan angin yang besar. Hal ini mengakibatkan Suharto terjatuh ke laut.

Kelima teman korban pun sempat melakukan upaya pencarian, namun belum berhasil menemukannya. Hingga akhirnya melaporkan kejadian ini kepada Ansori (pemilik kapal) dan kemudian diteruskan ke Kantor SAR Surabaya.

Hingga berita ini dikabarkan, KN SAR 225 Widura sedang dalam perjalanan menuju ke LKP bersama satu tim operasi. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
15 July 22:15 WIB