Rescuer Pos SAR Jember Rutin Latihan Renang Setiap Minggu


Jember – Personel rescuer Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember melakukan latihan renang, pada Rabu (19/12) pagi. Latihan renang ini rutin digelar setiap seminggu sekali bertempat di kolam renang Kebon Agung, kabupaten Jember.

“Sebagai salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai seorang rescuer, maka kemampuan renang harus dilatih secara rutin, agar semakin lebih baik, baik dari segi daya tahan maupun kecepatan,” ujar Asnawi Suroso, Koordinator Pos SAR Jember.

Dengan rutin latihan renang, lanjut Asnawi, maka daya tahan tubuh meningkat serta kesehatan pun ikut terjaga. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk menunjang kerja rescuer yang lebih banyak membutuhkan kemampuan fisik yang prima.

Selain sebagai salah satu pelaksanaan program pembinaan internal personel rescuer, latihan renang ini juga bisa menjadi media peningkatan kerjasama dan pembinaan personel potensi SAR. Karenanya, Pos SAR Jember mengikutsertakan perwakilan personel SAR OPA Jember untuk berlatih bersama.

Sesuai prosedur, sebelum latihan renang dimulai, diawali dengan gerakan pemanasan, seperti lari dan senam. Selanjutnya, para peserta melatih kemampuan menahan nafas di dalam air atau dikenal dengan istilah breath hold, yang dilakukan secara bertahap mulai dari 30 detik, 45 detik dan 60 detik.

Selesai melakukan breath hold, latihan dilanjutkan dengan breath hold swim atau berenang di dasar kolam sepanjang 25 meter dengan satu tarikan nafas, serta water trapen atau kemampuan mengapung di permukaan air.

Selain itu, para peserta latihan juga melatih tehnik renang lima gaya, mulai dari renang gaya bebas, gaya dada atau katak, gaya punggung, gaya kupu-kupu hingga renang gaya gunting yang biasa digunakan saat menolong korban yang akan tenggelam. (Lib)



Kategori Berita Kansar , General Artikel .
Pengunggah : surabaya
19 December 14:09 WIB