Rescuer Kansar Surabaya Bantu Evakuasi Korban Kebakaran


Sidoarjo – Tim rescuer Kantor SAR (Kansar) Surabaya dan para petugas PMK gabungan membantu evakuasi jenazah Kartini (40) korban meninggal akibat musibah kebakaran yang melanda toko pengepakan thinner cat tempatnya bekerja. Jenazah Kartini berhasil dievakuasi setelah tim rescuer Kansar Surabaya membuat akses atau jalur evakuasi di bagian belakang toko yang tidak terbakar. {READMORE}

Koordinator lapangan tim rescuer Kansar Surabaya, Johan Saptadi mengatakan, jenazah korban berhasil dievakuasi dari dalam kamar mandi, lokasi dimana korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal. Diduga penyebab korban meninggal akibat terlalu banyak menghirup asap dan kehabisan oksigen saat kebakaran terjadi.

“Jenazah Kartini berhasil dievakuasi pada pukul 11.45 WIB setelah tim rescuer Kansar Surabaya membuat akses masuk melalui bagian belakang toko yang tidak terbakar. Akses masuk ini dibuat dengan menjebol tembok menggunakan rotary shaw yang khusus digunakan untuk memotong atau melubangi beton,” ungkap Johan.

Saat ditemukan tim evakuasi gabungan, lanjut Johan, posisi tubuh korban meringkuk dan sudah agak kaku. Setelah berhasil dievakuasi, selanjutnya jenazah korban dibawa menuju ke RS Pusdik Gasum Porong, Sidoarjo, untuk keperluan autopsi oleh petugas DVI sebelum diserahkan kepada pihak keluarga.

Menurut keterangan dari beberapa sumber, kebakaran yang terjadi di jalan Raya Juanda, kecamatan Sedati, kabupaten Sidoarjo ini bermula dari titik api yang muncul akibat hubungan arus pendek listrik di toko pengepakan thinner, pada Selasa (7/6) sekitar pukul 08.25 WIB. Beberapa waktu kemudian, api menjalar dengan cepat ke tiga toko lain, yaitu toko keramik, pakan ternak dan bengkel bubut.

Sebanyak enam unit kendaraan pemadam kebakaran dari PMK Lanud TNI AL Juanda, PMK kabupaten Sidoarjo dan PMK kota Surabaya, untuk membantu memadamkan kobaran api di lokasi. Tiga jam kemudian setelah api yang membakar empat toko tersebut berhasil dipadamkan, upaya evakuasi terhadap jenazah Kartini dilakukan. (Lib)  



Kategori General Berita .
Pengunggah : author