Rescuer BASARNAS Peragakan Peralatan SAR di Depan Kapolda Jatim


Surabaya – Rescuer (penolong) BASARNAS Kantor SAR Surabaya memperagakan dan menjelaskan fungsi peralatan SAR, seperti rescue cutter dan air lifting bag, di depan Kapolda Jatim, Inspektur Jenderal Polisi Drs. Anton Setiadji. Peragaan peralatan ini dilakukan saat Kapolda Jatim meninjau pameran sarana prasarana penunjang angkutan Lebaran 2016.

Dalam tinjauan tersebut, Kapolda Jatim didampingi sejumlah pejabat, diantara Dan Pasmar 1, Dirlantas Polda Jatim, Kepala Dishub LLAJ Jatim, dan Kepala Kantor SAR Surabaya. Kapolda Jatim sangat antusias saat mendengarkan penjelasan tentang cara kerja dan fungsi peralatan-peralatan SAR yang dipamerkan Kantor SAR Surabaya.

Pameran ini digelar setelah Kapolda Jatim memimpin apel gelar pasukan Operasi Ramadhania Semeru 2016 di halaman Mapolda Jatim, pada Rabu (29/6) pagi. Operasi Ramadhania Semeru yang sebelumnya bernama Ketupat Semeru ini merupakan gabungan dari dua kata yakni Ramadhan dan Hari Raya.

Selain untuk menekan angka kecelakaan lalu-lintas, Operasi Ramadhania Semeru 2016 ini ditujuan untuk mengantisipasi potensi kerawanan pada masa arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri, seperti kejahatan dengan kekerasan, sweeping ormas, tawuran antarkelompok warga, balap liar, penyalahgunaan narkoba, minuman keras, terorisme dan bencana alam.

Untuk itu, Polda Jatim bersinergi dengan instansi-instansi terkait, seperti TNI, Pemda, Dishub, BASARNAS, dan mitra Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) berupaya mempersiapkan Operasi Ramadhania Semeru guna menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat arus mudik dan arus balik Lebaran.

Dengan dilaksanakannya Operasi Ramadhania Semeru ini, diharapkan masyarakat Jatim bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah dengan nyaman dan tertib dalam situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, baik pada saat beribadah, berwisata maupun berbagai aktivitas lainnya. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
29 June 21:00 WIB