RAPI Lokal 04 Kediri Berlatih Menolong Korban di Air


Kediri – RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Lokal 04 kabupaten Kediri bekerjasama dengan Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek berlatih tehnik menolong korban musibah di perairan, pada tanggal 15 sampai 16 Desember 2018.

Selain diikuti anggota RAPI kabupaten Kediri, Pelatihan yang berlokasi di waduk desa Pranggang, kecamatan Plosoklaten, ini juga diikuti oleh personel perwakilan dari beberapa organisasi di kabupaten Kediri, seperti TAGANA, PMI, BP Pramuka, KOKAM dan BANSER.

Koordinator Pos SAR Trenggalek, Brian Gautama mengatakan, melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan bisa memahami pentingnya faktor keselamatan saat beraktivitas di wilayah perairan, serta memiliki kemampuan untuk menolong diri sendiri dan juga orang lain.

Sesuai dengan kurikulum pelatihan water rescue BASARNAS, materi yang diberikan kepada para peserta, diantaranya materi dasar MFR (Medical First Responder) dan Pedoman menjaga keselamatan saat beraktivitas di air.

Selain itu, para peserta Pelatihan juga menerima penyampaian materi tentang Metode pertolongan korban di perairan, Akses dapat yang digunakan untuk menolong korban, serta Tehnik Defend and Release.

Tehnik defend merupakan tehnik yang digunakan penolong agar dapat bertahan atau menghindar dari cengkraman korban yang panik saat akan ditolong. Sedangkan, release adalah tehnik agar bisa terlepas dari cengkeraman korban.

Saat praktek di waduk pada hari berikutnya, tim instruktur mengenalkan bagian-bagian perahu karet dan mesin Mopel (Motor Tempel) kepada para peserta. Mereka juga diajarkan tehnik mendayung dan mengoperasikan perahu karet dengan mesin Mopel.

Meskipun dalam kondisi basah, semua peserta tampak bersemangat mempraktekkan metode pertolongan korban di air, hingga cara memindahkan korban dari air ke lokasi aman di tepi waduk untuk kemudian diberikan pertolongan medis. (Lib)



Kategori General Artikel , Pelatihan .
Pengunggah : surabaya
16 December 20:19 WIB