Pos BASARNAS Jember Latih Kesiapsiagaan Warga Desa Semboro


Jember – Tim instruktur Pos Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Jember melatih kesiap- siagaan warga desa Semboro, kecamatan Semboro, kabupaten Jember, dalam menghadapi Bencana Banjir, pada Sabtu (29/12).

“Pelatihan ini diberikan Pos BASARNAS Jember supaya warga desa Semboro terlatih kesiapsiagaannya dalam menghadapi bencana alam, khususnya banjir, sebab hampir setiap tahun, banjir selalu terjadi di wilayah desa Semboro,” kata Asnawi Suroso, Koordinator Pos BASARNAS Jember.

Pelatihan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir yang diselenggarakan di balai desa Semboro ini, diikuti oleh sebanyak 50 orang peserta. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada warga desa Semboro tentang potensi bahaya dari banjir dan bagaimana menyikapinya.

Para peserta pelatihan tampak antusias saat tim instruktur Pos BASARNAS Jember me-nyampaikan materi tentang upaya yang bisa dilakukan warga untuk menyelamatkan diri dari banjir, serta cara melakukan evakuasi dan penanganan awal terhadap korban banjir.

“Rasa antusias dan semangat juga tampak dari peserta pelatihan saat mempraktekan bagimana cara menolong korban tenggelam dan korban yang mengalami hypothermia atau kondisi kedinginan hebat,” ujar Asnawi.

Tim instruktur Pos BASARNAS Jember pun menceritakan saat mereka bersama dengan unsur SAR gabungan mengevakuasi warga desa di 11 kecamatan di kabupaten Jember yang terdampak banjir beberapa waktu yang lalu. Melalui pelatihan ini, diharapkan seluruh peserta mampu menyerap materi-materi yang telah disampaikan tim instruktur, agar pengetahuan mereka meningkat. Sehingga, mereka bisa siap jika akan berperan serta membantu masyarakat terdampak bencana banjir. (Lib)



Kategori General Artikel , Pelatihan .
Pengunggah : surabaya
29 December 18:45 WIB