Pos BASARNAS Jember Kerahkan Tim Untuk Mencari Edi


Situbondo – Satu tim operasi Pos Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Jember dikerahkan untuk mencari Edi Hartono (30) di perairan laut Ladangan, kabupaten Situbondo, pada Kamis (24/1). Edi adalah nelayan asal dusun Laok Bindung RT 02 RW 04, desa Landangan, kecamatan Kapongan yang dilaporkan hilang saat mencari ikan di perairan Landangan.

Koordinator Pos BASARNAS Jember, Asnawi Suroso mengatakan, tim SAR gabungan mengerahkan tiga SRU (Search and Rescue Unit) laut untuk menemukan keberadaan Edi. Tim SAR gabungan menginformasikan kejadian ini kepada para nelayan di Situbondo agar jika melihat tanda-tanda keberadaan korban, maka dapat melaporkannya kepada petugas.

Sesuai dengan rencana operasi, lanjut Asnawi, SRU pertama melakukan penyisiran laut dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (Motor Tempel) berkekuatan 25 PK, dimulai dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan) yang terletak pada koordinat 7° 39' 14,8" S 114° 06' 27,20" E, menuju ke arah Pelabuhan Jangkar.

Setelah SRU pertama kembali ke Posko, pencarian dilanjutkan SRU kedua dengan melakukan penyisiran dari TKK menuju ke arah utara, menempuh jarak sekitar tujuh kilometer menuju ke Pelabuhan Kalbut. Selanjutnya, upaya pencarian diteruskan oleh SRU ketiga yang melakukan penyisiran dari Pelabuhan Kalbut menuju ke Pelabuhan Jangkar.

Selain tim Pos BASARNAS Jember, upaya pencarian Edi ini juga melibatkan peran unsur SAR gabungan, diantaranya SATPOLAIR Situbondo, POLSEK Kapongan, KORAMIL Kapongan, SAR OPA Jember, BPBD kabupaten Situbondo, TAGANA Situbondo dan para nelayan sekitar.

Sementara itu menurut informasi yang diperoleh dari pihak keluarga, kejadian yang dialami Edi berawal saat Ia pamit untuk mencari ikan di perairan laut Landangan, pada Selasa (22) sekitar pukul 10.00 WIB.

Biasanya Edi sudah pulang ke rumah sebelum Mahgrib. Namun, hingga pukul 19.00 WIB, Edi belum pulang. Akhirnya, isteri Edi berinisiatif melaporkan kejadian ini ke aparat desa Landangan yang kemudian diteruskan ke Pos BASARNAS Jember.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih terus berupaya melakukan pencarian untuk menemukan keberadaan Edi ditengah kondisi cuaca yang tidak bersahabat. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
24 January 11:06 WIB