Para Rescuer Kansar Surabaya Ikuti Uji Kesamaptaan


Sidoarjo - Para rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya mengikuti ujian kesamptaan, pada Selasa (9/7) pagi. Ujian ini dilaksanakan di lapangan bola desa Pranti, kecamatan Sedati, kabupaten Sidoarjo.

Kepala Seksi Sumber Daya Kantor SAR Surabaya, Muhammad Hariyadi mengatakan, kegiatan ujian kesamaptaan yang dilaksanakan rutin setiap triwulan ini bertujuan untuk melihat sejauhmana kemampuan fisik yang dimiliki para rescuer.

Kemampuan fisik yang prima, lanjut Hariyadi, tentu akan sangat bermanfaat untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas para rescuer di lapangan, seperti tugas operasi SAR, pembinaan potensi SAR maupun kegiatan latihan SAR.

Ujian kesamaptaan ini juga ditujukan untuk memberikan bahan evaluasi bagi Pimpinan dalam membuat program pembinaan internal bagi para rescuer Kantor SAR Surabaya. Hasil dari ujian ini kemudian akan direkapitulasinya dan dilaporkan kepada Pimpinan di Kantor Pusat BASARNAS.

Ada dua tahap ujian kesamaptaan yang dijalani para rescuer, yaitu ujian kesamaptaan A dan B. Ujian kesamaptaan A, yaitu para rescuer harus berlari menempuh jarak sejauh 2.400 meter. Nilai tinggi akan mereka dapatkan jika bisa menyelesaikan jarak tersebut dalam waktu secepat mungkin.

Sedangkan dalam ujian kesamaptaan B, para rescuer harus menyelesaikan beberapa ujian dan mendapatkan jumlah gerakan yang sebanyak-banyaknya dalam waktu satu menit, seperti melakukan gerakan sit up, push up dan pull up.

"Selain itu, mereka juga harus melakukan gerakan shuttle run, dimana mereka berlari memutar dan melintang seperti angka delapan, sebanyak tiga kali gerakan dalam waktu satu menit," ujar Hariyadi.

Selama pelaksanaan ujian kesamaptaan ini, para rescuer Kantor Pencarian dan Per-tolongan Surabaya terlihat sangat antusias menyelesaikan tahap demi tahap, meskipun cuaca sangat panas dan kondisi yang lelah.

Selain dilaksanakan di Kantor SAR Surabaya, kegiatan uji kesamaptaan juga dilaksanakan para rescuer yang bertugas di Pos SAR Trenggalek, Pos SAR Jember dan Unit Siaga SAR Banyuwangi. (Lib)



Kategori Berita Kansar , General Artikel .
Pengunggah : surabaya
9 July 12:05 WIB