Para Murid TK Amaliyah Tertarik Mengenal SAR


Sidoarjo - Sebanyak 43 orang murid TK Amaliyah, kabupaten Sidoarjo, begitu tertarik mengenal pekerjaan sebagai tim penolong. Hal ini mereka tunjukkan ketika melakukan kegiatan kunjungan belajar di Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, pada Rabu (23/1) pagi.

Koordinator tim rescuer Kantor SAR Surabaya, Berti Iswandini mengatakan, ketertarikan para murid TK Amaliyah belajar SAR ini terlihat ketika mereka dengan tenang menyimak materi-materi yang diberikan, diantaranya pengetahuan singkat tentang profil Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

Berti menambahkan, para murid TK Amaliyah juga diberikan pengetahuan tentang jenis bencana alam, diantaranya gempa bumi, banjir dan tanah longsor, serta langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri ketika bencana itu terjadi, misalnya tehnik berlindung saat terjadi gempa bumi.

Para murid TK Amaliyah semakin tertarik dan senang ketika diajak berkeliling di area Kantor SAR Surabaya. Tim rescuer menunjukkan kepada mereka beberapa sarana yang digunakan untuk penunjang kegiatan SAR, diantaranya RIB (Rigit Inflatable Boat), Perahu Karet, Rescue Truck, Rescue Car dan Communication Mobile Car.

Beberapa orang murid TK Amaliyah dengan percaya diri mengajukan pertanyaan pertanyaan kepada tim rescuer Kantor SAR Surabaya setelah diperkenalkan dengan sejumlah peralatan ekstrikasi, diantaranya pertanyaan tentang kegunaan dari alat gergaji mesin yang terdapat di dalam rescue truck.

Selain itu, para murid TK Amaliah beserta tim guru pendampingnya juga diajak merasakan naik dua kendaraan SAR secara bergantian, yaitu ATV Heavy Duty dan ATV Beach Patrol. Selama menaiki kendaraan tersebut, mereka dengan disiplin menjaga ke-selamatan diri dengan menggunakan APD (Alat Pengaman Diri) berupa helm.

Melihat kegembiraan dan ketertarikan para murid TK Amaliyah ini tentu membuat tim rescuer Kantor SAR Surabaya tentu sangat senang dan semangat ketika memberikan pengetahuan tentang SAR sejak dini kepada mereka. Harapannya, semoga kelak mereka memiliki keinginan untuk belajar SAR secara lebih mendalam.

"Saya dan seluruh tim rescuer Kantor SAR Surabaya juga berharap agar tumbuh jiwa sosial dalam diri mereka, tergerak untuk memberikan pertolongan apabila ada sesama yang membutuhkan bantuan," ujar Berti. (Lib)



Kategori Berita Kansar , General Artikel .
Pengunggah : surabaya
23 January 11:44 WIB