Nelayan Asal Jember Ditemukan Meninggal


Banyuwangi – Suyono (63) nelayan asal desa Lembangan, kecamatan Ledok Ombo, kabupaten Jember, pada Sabtu (30/7) pukul 12.25 WIB, ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal di perairan desa Sukojati, kecamatan Kabat, kabupaten Banyuwangi. Tim SAR gabungan berhasil menemukan jenazah Suyono setelah sebelumnya melakukan upaya pencarian selama dua hari. {READMORE}

Koordinator Pos Siaga SAR Banyuwangi, Gani Wiratama mengatakan, tim SAR gabungan yang ikut melakukan upaya pencarian ini, terdiri dari BASARNAS, Pos TNI AL Muncar, Satpolair Muncar, BPBD, RAPI dan Pokwamas Banyuwangi. Saat melakukan pencarian, personel tim SAR gabungan dibagi menjadi dua SRU (Search and Rescue Unit).

“Selain penyisiran melalui tepi pantai untuk mencari tanda-tanda keberadaan korban, upaya pencarian juga dilakukan di perairan laut Muncar dengan menggunakan satu unit perahu karet yang dilengkapi dengan mesin motor tempel. Satu set peralatan selam juga disiagakan jika diperlukan upaya pencarian korban di bawah permukaan air,” ujar Gani.

Selama tim SAR gabungan melakukan upaya pencarian, lanjut Gani, tidak ditemui hambatan. Kondisi cuaca cerah dan relatif bersahabat, dimana cuaca cerah, kondisi arus dan angin yang relatif tenang.   

Saat ditemukan, jenazah korban masih dalam kondisi baik meski telah satu hari lebih hanyut di laut. Setelah berhasil dievakuasi, jenazah Suyono dibawa menuju ke ruang jenazah RSUD Blambangan untuk dilakukan visum luar oleh petugas. Selanjutnya, jenazah Suyono diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan di daerah asalnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sejumlah sumber, musibah ini berawal saat Suyono dan seorang saudaranya, Kusnan (50), hendak pulang menuju pelabuhan Muncar, setelah sebelumnya mencari ikan di laut. Namun naas saat dalam pelayaran pulang untuk bersandar, perahu yang mereka naiki terbalik akibat dihantam ombak besar.

Nasib baik dialami Kusnan yang berhasil bertahan dan kemudian dievakuasi dalam kondisi selamat oleh nelayan yang kebetulan melintas di lokasi musibah. Sedangkan Suyono tidak berhasil bertahan dari musibah tersebut, hingga akhirnya hanyut dan ditemukan dalam kondisi meninggal. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : author