Latihan Bersama Penanggulangan Bahaya Kebakaran


Trenggalek – Tim rescuer Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek bersama tim PMK dan Satuan Shabara Polres Trenggalek melaksanakan latihan penanggulangan bahaya kebakaran, pada Selasa (18/12) pagi, bertempat di area Pos SAR Trenggalek.

“Selain untuk tukar-menukar ilmu dan keterampilan yang dimiliki, latihan bersama ini juga dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi agar kerjasama antar unsur SAR di kabupaten Trenggalek ini semakin baik,” ujar Brian Gautama, Koordinator Pos SAR Trenggalek.

Latihan bersama ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, pemberian materi tentang peralatan pemadaman kebakaran yang dimiliki PMK Trenggalek, serta materi pengenalan peralatan SCBA (Self Contain Breathing Apparatus) oleh tim Pos SAR Trenggalek.

Menurut Brian, SCBA menjadi alat bantu pernafasan bagi penolong saat melakukan proses pertolongan atau saat melakukan pekerjaan di ruang yang terpapar gas berbahaya atau di dalam ruangan yang minim oksigen.

Para peserta latihan bersama ini juga diperkenalkan dengan sejumlah peralatan dan sarana yang digunakan tim PMK Trenggalek untuk memadamkan kebakaran, mulai dari truk pemadam, helm pengaman hingga baju tahan api.

Sementara itu saat sesi kedua latihan, para peserta mensimulasikan upaya pemadam-an api yang membakar salah satu bagian kantor Pos SAR Trengalek. Setelah kobaran api berhasil dipadamkan dengan menggunakan truk PMK, tim penolong dengan menggunakan peralatan SCBA masuk ke dalam kantor untuk mencari dan mengevakuasi korban. (Lib)



Kategori General Artikel , Pelatihan .
Pengunggah : surabaya
18 December 17:05 WIB