KM. Santika Nusantara Terbakar di Masalembo


MASALEMBO - Sebuah Kapal Motor Penumpang Santika Nusantara dilaporkan terbakar pada Kamis (22/8) malam. Salah satu petugas Syahbandar Tanjung Perak Surabya menghubungi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya pukul 21.45 WIB.

Menindaklanjuti laporan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya berkoordinasi dengan potensi dan kapal-kapal yang melintas di sekitar lokasi kejadian. Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya juga mencoba hubungi KM. Santika Nusantara guna mendapatkan informasi terkini tentang kondisi dan keadaan penumpang serta kru. 

Jumat (23/8) Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin mengerahkan KN SAR Laksmana menuju lokasi guna membantu proses evakuasi korban. Selain milik Basarnas, juga terdapat kapal-kapal lain yang berpartisipasi dalam evakuasi korban, diantaranya MV Spil Citra, MV Selatan Damai, MV Bintang Samudera, KMV Dharma Fery, TB Bintang Mutiata, serta MV Asia Vision.

Jumlah orang yang berada di kapal atau disebut POB juga selalu berubah-ubah. Hingga berita ini diturunkan (23/8) pukul 20.50 WIB jumlah POB sementara yang sudah dievakuasi sebanyak 243 orang dengan rincian yang dievakuasi ke Masalembo ada 51 orang selamat dan 3 meninggal, evakuasi ke Pelabuhan Kalianget 100 orang selamat, evakuasi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya 89 orang selamat. Sementara korban yang masih dalam pencarian ada 34 orang. Jumlah korban pun masih ada kemungkinan bertambah. (Nv)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Berita .
Pengunggah : Recylia
23 August 20:55 WIB