KM Lintas Belawan Terbakar, Seluruh Awak Kapal Berhasil Diselamatkan


Surabaya – KM (Kapal Motor) Lintas Belawan mengalami kebakaran saat berlayar melintasi laut Jawa, tepatnya pada koordinat 05° 46' S 112° 07' E. Namun seluruh awak kapal yang terdiri dari satu orang nahkoda dan 18 orang ABK, dapat dievakuasi KN (Kapal Negara) SAR 225 milik Kantor SAR Surabaya dalam kondisi selamat, pada Kamis (18/2) pukul 02.00 WIB.

Identitas kesembilan belas orang awak KM Lintas Belawan, yaitu Taryaman (Nahkoda), Eric Bernart Hutajulu (Mualim I), Satria Indra S. Urijilal (Mualim II), Sudarni (Mualim III), Mikha Mongan (KKM), Eko Sujiantoro (Masinis II), Moch Kukuh Agung W. (Masinis III), Mahfuzul Haq (Masinis IV), Harry Marthen BB (Bosun), Sumarno (A / B), Satria Catur W. (A / B), Muhammad Ramadhan (A / B), Imawan Arif R. (Foreman), Muhtadi (Oiler), Maskur Q (Oiler), Felany Arina (Oiler), Rifaldi S. (Pelayan), Arip Dislan Maryana (Cook), dan Arwan Silalahi (Cadet Deck).

Sebelum mengalami kebakaran, KM Lintas Belawan yang merupakan kapal kargo milik PT Lintas Kumala Abadi ini berlayar dari pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta menuju ke Makassar. Saat melintasi laut Jawa, sekitar pukul 08.40 WIB, muncul percikan api di bagian kamar mesin yang kemudian semakin membesar dan akhirnya membakar sebagian besar bagian kapal.

Kejadian musibah terbakarnya KM Lintas Belawan ini diketahui oleh MV Pan Margareth yang tengah berlayar dari Singapura menuju ke Australia. MV Pan Margareth pun segera mendekat ke lokasi kejadian untuk menyelamatkan seluruh awak KM Lintas Belawan.

Selain penyelamatan awak kapal, para awak MV Pan Margareth juga berupaya memadamkan api yang membakar KM Lintas Belawan. Namun upaya ini tidak berhasil, KM Lintas Belawan meledak dan akhirnya tenggelam sekitar pukul 14.00 WIB.

“Proses evakuasi 19 orang awak KM Lintas Belawan dari MV Pan Margareth ke KN SAR 225 berlangsung di sekitar perairan laut pulau Karang Jamuang, tepatnya di koordinat 06° 30' S 112° 26' E. Seluruh awak KM Lintas Belawan berhasil dievakuasi ke KN SAR 225 pada pukul 20.20 WIB,” kata Nahkoda KN SAR 225, Kapten Yudhi Setiawan.

Akibat kejadian kebakaran tersebut, lanjut Yudhi, satu orang awak KM Lintas Belawan atas nama Sudarni mengalami luka bengkak pada kaki kirinya. Selama pelayaran menuju ke Surabaya, Sudarni mendapatkan perawatan intensif dari petugas medis KN SAR 225. Demikian juga dengan para awak KM Lintas Belawan lain, juga mendapatkan pemeriksaan medis.

Setelah berhasil sandar di pelabuhan Tanjung Perak, tepatnya di dermaga Berlian Utara, dilakukan serah terima para awak KM Lintas Belawan kepada perwakilan pihak agen pemilik kapal. Serah terima ini disaksikan oleh perwakilan dari Kantor SAR Surabaya, Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, dan Ditpolair Polda Jatim.

“Selanjutnya korban yang mengalami luka bengkak pada kaki dibawa oleh pihak agen kapal ke rumah sakit PHC Tanjung Perak untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan medis lebih lanjut,” ujar Yudhi. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : author