KM Kalimas Utama Terbakar, Seluruh ABK Berhasil Diselamatkan


Surabaya – KM (Kapal Motor) Kalimas Utama mengalami kebakaran saat berada dalam posisi bersandar dan melakukan bongkar muat barang di pelabuhan rakyat Kalimas Pos III Surabaya, pada Jum’at (29/4) sekitar pukul 12.45 WIB. Seluruh Anak Buah Kapal (ABK) KM Kalimas Utama yang berjumlah 18 orang dapat dievakuasi dalam kondisi selamat. {READMORE}

Tidak ada korban jiwa maupun terluka akibat kejadian ini. Kejadian ini sempat membuat para ABK KM Kalimas Utama dan suasana di pelabuhan Kalimas menjadi panik. KM Kalimas Utama sendiri mengalami kerusakan setelah beberapa bagiannya terbakar. Namun besaran kerugian belum dapat diketahui secara pasti.

Tindakan awal untuk memadamkan kebakaran dilakukan para ABK KM Kalimas Utama dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang terdapat di sekitar kapal. Tidak berselang lama, sebanyak enam unit truk pemadam kebakaran milik Pemerintah kota Surabaya datang memberikan bantuan.

Nahkoda KN SAR 225 Kantor SAR Surabaya, Yudhi Setiawan mengatakan, setelah dilakukan upaya pemadaman selama kurang lebih 25 menit, kobaran api yang membakar beberapa bagian KM Kalimas Utama akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 13.55 WIB. “Setelah api berhasil dipadamkan, kondisi di pelabuhan dan kegiatan bongkar muat barang kembali normal,” ujar Yudhi.

Selain dari ABK dan PMK kota Surabaya, bantuan pemadaman juga dilakukan para personel gabungan dari PT Pelindo III Tanjung Perak, TNI AL (Armatim), KN SAR 225 Kantor SAR Surabaya, KPLP Tanjung Perak, PMI kota Surabaya, serta KP3 Tanjung Perak.

Sementara itu berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari sejumlah saksi mata, sebelum terjadi musibah kebakaran ini, sebagian ABK KM Kalimas Utama sedang melakukan proses bongkar muatan kayu yang dibawa dari Sorong. Sebagian ABK yang lain sedang beristirahat, sedangkan sang Nahkoda sedang tidak berada di kapal.

Musibah kebakaran yang melanda KM Kalimas Utama bermula saat muncul percikan api dari aktivitas pengelasan untuk memperbaiki bagian dalam kapal di dekat kamar mesin. Percikan ini menyambar MCB (Miniature Circuit Breaker) yang kemudian membuatnya meleleh dan terbakar. Kebakaran di MCB dengan cepat menjalar ke bagian kapal yang lain. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : author