Kayat, Korban Tenggelam di Sungai Sanen Ditemukan Meninggal


Jember – Kayat (60) korban tenggelam di sungai Sanen, kecamatan Tempurrejo, kabupa-ten Jember, akhirnya berhasil ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal, pada Rabu (10/4) pukul 16.34 WIB.

"Jenazah Kayat ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi mengapung di sungai, lokasi penemuannya berjarak sekitar 15 kilometer dari lokasi korban tenggelam," ungkap Rudy Prahara, Komandan tim operasi Pos Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Jember.

Asnawi menambahkan, setelah dievakuasi dari lokasi penemuan dan melalui proses visum oleh pihak Kepolisian, selanjutnya jenazah korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Seperti diketahui sebelumnya, tim SAR gabungan telah berupaya optimal untuk menemukan keberadaan korban. Selama tujuh hari, tim SAR gabungan melakukan pencarian baik dari hulu dan muara sungai Sanen.

Sebanyak empat SRU (Search and Rescue Unit) bergerak dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan) menuju ke arah hilir sungai Sanen yang bermuara di perairan pantai Payangan. Penyisiran dari arah hulu ini dilakukan dengan menggunakan tiga unit perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (motor Tempel) dan satu unit perahu rafting.

Sementara itu dari arah muara sungai, satu SRU air melakukan penyisiran ke arah hulu sungai hingga mencapai daerah jembatan Gladak Korek. Dalam penyisiran ini, SRU air menggunaa satu unit perahu jukung.

Selain penyisiran di sungai, tim SAR gabungan juga melakukan penyisiran dengan menggunakan motor trail di sepanjang bantaran sungai Sanen dan melakukan pengecekan di beberapa titik yang dicurigai sebagai tempat yang dilaluinya korban.

Keberhasilan penemuan Kayat ini berkat kerja sama yang baik dari sejumlah unsur SAR, diantaranya tim operasi Pos BASARNAS Jember, Koramil dan Polsek Tempurrejo, BPBD Jember, SAR OPA Jember, SAR Rimba Laut, MDMC, Brandal Alas, PMI, ACT dan warga sekitar.

Menurut ketarangan yang diperoleh tim Pos BASARNAS Jember, adapun kronologi kejadian yang dialami Kayat berawal saat Ia berangkat ke sawahnya yang berada di seberang sungai Sanen, pada Kamis (4/4) siang. Kayat hanyut terbawa arus sungai saat Ia berusaha menyeberang menuju ke sawahnya yang berada di utara sungai. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
10 April 17:05 WIB