Katiem Ditemukan Dalam Kondisi Selamat


Ngawi – Katiem (50), seorang warga dusun Poncol, desa Kerek, yang sebelumnya dilaporkan tenggelam di Bengawan Solo, ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi selamat, pada Sabtu (8/12) pukul 12.55 WIB.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek, Brian Gautama mengata-kan, keberadaan ibu Katiem pertama kali diketahui oleh warga sekitar Bengawan Solo yang terletak di desa Bandung, kecamatan Margomulyo, kabupaten Bojonegoro.

Setelah menerima informasi penemuan ini dari warga desa Bandung, selanjutnya tim SAR gabungan mengirim personel ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Setelah dipasti-kan benar, tim SAR gabungan bergerak ke lokasiuntuk mengevakuasi ibu Katiem.

Lokasi ditemukannya ibu Katiem ini, lanjut Brian, berjarak sekitar empat kilometer dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan), tepatnya berada pada koordinat 7° 21' 28.46" S 111° 26' 36.16" E.

Selanjutnya, ibu Katiem dibawa ke Puskesmas Margomulyo untuk mendapatkan perawatan tim medis agar kondisinya pulih kembali.

Sebelumnya, tim SAR gabungan telah berupaya mencari keberadaan ibu Katiem selama kurang lebih tiga jam, dengan mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit), yaitu SRU darat dan air.

SRU darat berupaya menyisir melalui tepi sungai untuk mencari tanda-tanda keberadaan korban. SRU darat juga menyebarluaskan informasi tentang kejadian ini kepada warga yang bermukim di sekitar sungai.

“Penyebarluasan informasi tentang tenggelamnya ibu Katiem ini dimaksudkan agar jika warga mengetahui keberadaan ibu Katiem, maka diharapkan dapat melaporkan kepada tim SAR gabungan,” kata Brian.

Sementara itu, SRU air melakukan penyisiran di sungai dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (Motor Tempel). Upaya penyisiran, baik melalui jalur darat maupun sungai ini dimulai dari TKK.

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, upaya pencarian ibu Katiem ini juga melibatkan peran serta sejumlah pihak, seperti BPBD kabupaten Ngawi, SAR Sikatan, SAR MTA Ngawi, GMR, MDMC, RAPI Ngawi, Polsek Ngawi dan Koramil Ngawi.

Menurut informasi dari tetangga korban, kecelakaan yang dialami ibu Katiem ini diper-kirakan terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Tidak ada yang mengetahui secara pasti bagaimana Ia bisa tenggelam dan hanyut di sungai. Namun beberapa orang tetangga yang mencarinya, mengaku menemukan tongkat dan sandal milik korban di tepi sungai. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
9 December 11:35 WIB